Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/01/2016 14:36 WIB

Pemkab Bekasi Latih Aparat Desa Gunakan SIMDA

Ilustrasi Sebuah Desa di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi Sebuah Desa di Kabupaten Bekasi

CIKARANG_DAKTACOM: Pemerintah Kabupaten Bekasi akan memberikan pelatihan bagi seluruh aparatur desa menyusul diterapkannya sistem Informasi Manajemen Desa (SIMDA).

Pemerintah Pusat melalui Pemprov Jawa Barat tahun 2016 ini bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Jabar menerapkan SIMDA Keuangan bagi tiap desa, penerapan sistem ini untuk memudahkan aparatur desa dalam menyusun laporan penggunaan dana desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid pada Rabu (12/1), mengatakan dengan adanya SIMDA, pemerintah desa hanya tinggal memasukan data-datanya saja dan di print out sebagai laporan yang diserahkan ke pemerintah daerah.

Ia mengaku optimis dengan adanya sistem tersebut dapat memudahkan pemerintah desa dalam penyusunan laporan penggunaan dana desa, karena selama ini penyaluran dana desa yang diberikan oleh pemda maupun pemerintah pusat, selalu terkendala laporan pertanggungjawaban.

Abdilah menambahkan, program SIMDA Keuangan tersebut sudah terinstal di tiap desa, dan berencana melakukan pelatihan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan agar dapat memudahkan aparatur desa dalam mengoperasikannya.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2120 Kali
Berita Terkait

0 Comments