Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 14/11/2020 12:06 WIB

Vaksin Corona Buatan Pfizer 90 Persen Efektif, Dapat Lampu Hijau WHO?

Ilustrasi vaksin Covid 19 1
Ilustrasi vaksin Covid 19 1
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengapresiasi kemajuan pesat riset vaksin COVID-19 yang dilakukan. Kendati demikian, Ia mengingatkan agar semua negara harus menuai manfaat.
 
"Vaksin akan menjadi alat penting untuk mengendalikan pandemi, dan kami didorong oleh hasil awal uji klinis yang dirilis minggu ini," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam penutupan pertemuan tahunan WHO, Jumat (13/11/2020).
 
Baru-baru ini, farmasi AS Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech mengumumkan kandidat vaksin mereka 90 persen efektif mencegah symptomatic COVID-19. Artinya, seseorang yang disuntik vaksin ini tetap bisa terinfeksi, namun tidak mengalami gejala.
 
Hal ini terekam dari uji klinis yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari 40 ribu orang sukarelawan.
 
"Tidak pernah dalam sejarah penelitian vaksin berkembang sedemikian cepat. Kita harus mengaplikasikan urgensi dan inovasi yang sama untuk memastikan semua negara mendapatkan manfaat dari pencapaian ilmiah ini," kata Tedros.
 
Pandemi COVID-19 telah menewaskan hampir 1,3 juta orang di dunia dari 52,7 juta kasus positif COVID-19. Namun, penghitungan itu mungkin hanya mencerminkan sebagian kecil dari jumlah infeksi yang sebenarnya. Sebab, banyak negara hanya melakukan tes swab terhadap mereka yang bergejala sedang dan berat.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikhealth
- Dilihat 1676 Kali
Berita Terkait

0 Comments