Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/07/2018 11:20 WIB

Haikal Hassan: Ada Upaya Membenturkan Islam Indonesia dan Arab

Ustadz Haikal Hassan saat memberikan amanat dalam acara Tahfidz Leadership
Ustadz Haikal Hassan saat memberikan amanat dalam acara Tahfidz Leadership
JAKARTA, DAKTA.COM - Munculnya fenomena mengenai konsep Islam Nusantara akhir-akhir ini turut mendapatkan tanggapan dari anggota MIUMI, Ustadz Haikal Hassan. Menurutnya hal ini sangat berpotensi memecah belah persatuan umat Islam yang terjalin selama ini. 
 
"Sekarang mencoba membuat suatu konsep Islam Nusantara dan adanya upaya adu domba dengan Arab. Apa mereka nggak ngerti sejarah? Siapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia? Itu dari Arab semua," ungkap Haikal saat memberikan amanat dalam acara Tahfidz Leadership di Tanjung Barat, Jakarta Selatan pada Rabu (18/7).
 
Haikal juga memaparkan bahwa bangsa Indonesia ini sangat majemuk sehingga perlu ada konsep yang kuat untuk menyatukan semua elemen bangsa. 
 
"Di Arab Saudi itu ada sembilan suku pada zaman Rasulullah, di Afghanistan ada tujuh suku, di Suriah ada dua suku, tapi mereka nggak akur. Tapi di Indonesia ada 714 suku, 630 bahasa, kalo nggak kuat mengenai konsep persatuan ini berantakan," imbuhnya. 
 
Haikal mengimbau agar umat Islam juga harus mampu tampil sebagai calon-calon pemimpin bangsa yang berlandaskan Al-Quran, serta kembali menjadikan bangsa Indonesia berjaya di mata dunia. 
 
"Kita dulu pernah disegani oleh dunia, di masa-masa itu para kader Islam dan ulama berada di lingkaran pemerintahan, seperti Ali Alatas, Mar'ie Muhammad, dan Pak Habibie," tutupnya. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 945 Kali
Berita Terkait

0 Comments