Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 15/03/2018 10:38 WIB

Kemenag RI : Moderasi Agama Cara Efektif Bersinergi dengan Umat

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Data dan Informasi Kemenag RI Mastuki
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Data dan Informasi Kemenag RI Mastuki
JAKARTA_DAKTACOM :  Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) menggelar Pelatihan Indepth Reporting Kebimasislaman bagi Media Online di Indonesia. 
 
Acara diselenggarakan di Hotel Lumire, Jalan Senen Raya Blok A No.135, Jakarta Pusat, Rabu hingga Jumat, tanggal 14 Maret sampai 16 Maret 2018.
 
Dalam kesempatan ini, Kementerian Agama RI melalui Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi, Mastuki menyampaikan situasi umat di era digital saat ini. Ia menyampaikan populasi umat Islam meningkat dengan porsi terbesar pada kelompok usia yang dominan pengguna media sosial.
 
"Saat ini literasi keagamaan dari zaman ke zaman terus berubah, situasi saat ini berbeda dengan tahun 90'an, muncul urban religousity dengan cara beragama instan," papar Mastuki kepada peserta acara, Kamis (15/3).
 
Bahkan, menurut Mastuki tokoh agama saat ini tak lagi otoritatif, agama jadi komoditi industri hiburan, dan marak gejala transnasional
 
"Sikap umat saat ini rentan disorientasi dan gegar budaya akibat serbuan banalitas, fatalitas, dan manipulasi informasi," tegas Mastuki.
 
Ia mengatakan, zaman milenial saat ini situasi umat jika dilihat dari aspirasi publik, menuntut pelayanan publik berbasis teknologi dan berkicau di media sosial.
 
Menyikapi situasi umat saat ini yang masuk era digital, Ia menambahkan Moderasi Agama ditawarkan Kementerian Agama RI untuk diterapkan dalam rangka bersinergi dengan umat.
 
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 944 Kali
Berita Terkait

0 Comments