Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 20/11/2017 07:15 WIB

Diniyah Putri Dinilai Menginspirasi Berdirinya Al Azhar Khusus Perempuan

Rahmah El Yunusiyyah Pendiri Ponpes Diniyyah Puteri
Rahmah El Yunusiyyah Pendiri Ponpes Diniyyah Puteri
TANGSEL_DAKTACOM: Direktur Islam Nusantara Center (INC) A Ginanjar Sya’ban menjelaskan, Syaikhah Hajjah Rangkayo Rahmah El Yunusiyah adalah ulama perempuan asal Padang Panjang yang mendirikan sekolah diniyah khusus untuk perempuan atau Kulliyatul Muallimat Al Islamiyyah. 
 
Menurut dia, sekolah diniyah di Padang inilah yang menginspirasi didirikannya Universitas Al Azhar khusus untuk perempuan.
 
“Al Azhar khusus untuk perempuan ilhamnya dari Kulliyatul Muallimat Al Islamiyyah Minang,” kata Ginanjar di Sekretariat INC, Sabtu (18/11).
 
Dia menuturkan, pada tahun 1955 Grand Syekh Al Azhar Abdurrahman Taj berkunjung ke Padang. Taj melihat sekolah diniyah yang dikelola oleh Rahmah El Yunusiyah tersebut berjalan dengan baik dan tertib. Setelah satu tahun kunjungannya ke Padang, Taj membangun Al Azhar khusus untuk perempuan.
 
“Sebelum Grand Syekh nya berkunjung ke Minang. Al Azhar itu khusus laki-laki, tidak ada untuk perempuan,” jelas alumni Universitas Al Azhar Kairo itu.
 
Rahmah El Yunusiah lahir pada 1900 dan wafat pada 1969. Ia merupakan pelopor dalam pendidikan Islam dan juga penjuang kemerdekaan Indonesia. Selain mendirikan sekolah untuk perempuan pertama di Nusantara, Rahmah juga mempelopori terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di wilayah Padang Panjang.
Editor :
Sumber : nu.or.id
- Dilihat 2132 Kali
Berita Terkait

0 Comments