Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/04/2015 10:26 WIB
Perang Yaman

Amerika Salahkan Houthi Sebagai Penyebab Perang di Yaman

Yaman dikuasai Houthi
Yaman dikuasai Houthi

WASHINGTON-DAKTACOM: Pemerintah Amerika Serikat menyalahkan militan Houthi atas pemboman dari koalisi yang dipimpin Arab Saudi. AS menuduh mereka menggunakan jeda serangan untuk mengejar kemajuan perang bukannya pembicaraan damai.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, pihaknya akan membahas konflik dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. "Saya pasti akan mendesak agar semua orang melakukan bagian mereka dalam mengurangi kekerasan dan memungkinkan memulai negosiasi," uja dia, dilansir dari Reuters.

Pekan lalu, koalisi AS memberi pengumuman di Riyadh akan mengakhiri pemboman selama lima pekan, kecuali di tempat-tempat di mana Houthi terus maju. Kelonggaran Arab Saudi tersebut didasarkan bila orang-orang akan tetap di tempat.

"Tapi apa yang terjadi adalah Houthi mulai mengambil keuntungan dari adanya jeda serangan udara, mereka bergerak tidak hanya di Aden tetapi bergerak di bagian lain negara itu," lanjut dia.

Jeda serangan dilakukan Saudi untuk membiarkan datangnya bantuan di tengah bencana krisis kemanusiaan yang terjadi. Sebelumnya, koalisi tersebut terus-terusan menyerang Houthi dan loyalis mantan Presiden ALi Abdullah Salah yang mencoba mengambil kendali Yaman.

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 3101 Kali
Berita Terkait

0 Comments