Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 27/04/2015 11:02 WIB

Buruh di Kawasaan Industri Siap-Siap Rayakan May Day

Nyumarno Anggota DPRD kabupaten Bekasi
Nyumarno Anggota DPRD kabupaten Bekasi

CIKARANG_DAKTACOM: Jelang hari buruh 'May Day', para buruh di berbagai kawasan industri di Bekasi mulai menggelar pertemuan untuk menyampaikan tuntutan kepada para pengusaha. Diantara tuntutan yang akan disampaikan pada saat may day yang jatuh Jum'at (1/5/15).

" Buruh telah menyampaikan kepada kami bahwa mereka menolak sistem kerja Outsourcing dan kontrak berkepanjangan, menolak Union Busting dan Kriminalisasi terhadap Buruh, kebebasan berserikat dan Jaminan Perlindungan Hak Mogok Kerja buruh, RPP tentang Jaminan Pensiun, perbaikan pelayanan Jaminan Kesehatan untuk masyarakat, serta beberapa tuntutan normatif buruh lainnya" kata Nyumarno, anggota DPRD kabupaten Bekasi, kepada dakta.com, Senin (27/4/15).

Jadi menurut saya, pengamanan yang dilakukan Polri dan TNI lebih di intensifkan ke Ibukota Negara saja, bukan ke Kab.Bekasi, kata Nyumarno anggota DPRD kabupaten Bekasi.

Anggota DPRD dari Fraksi PDIP itu juga kecewa mengapa pertemuan seperti ini hanya sekedar pertemuan reguler dengan forum HRD se-kawasan Industri. Bahkan saya dengar kawan media saja dalam sebuah pemberitaan di media, kesulitan meliput pertemuan tersebut karena panitia menanyakan undangan terlebih dahulu saat rekan media akan melakukan peliputan. "Sah-sah saja sih pertemuan seperti itu diliput, bagus kok." ujarnya kecewa.

Nyumarno sangat berharap alangkah lebih bagusnya jika pertemuan yang dilakukan oleh Polri dan TNI selaku pengayom masyarakat adalah dengan mengundang Serikat Pekerja/Buruh, Pengusaha selaku pelaku industri, Kadisnaker selaku wakil Pemkab Bekasi, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat.

Ia mencontohkan di Karawang saja bisa kok pertemuan duduk bersama, acara Rakor menjelang May Day dengan mengundang semua elemen yang menjadi stakeholder, bukan hanya sepihak forum HRD saja.

Jika pertemuan melibatkan semua stakehoder, maka akan diketahui apa saja kegiatan perayaan May Day di Bekasi, apa saja yang menjadi tuntutan buruh dalam peringatan May Day, serta dapat juga di dengarkan bersama masukan pihak pengusaha, pemerintah dan masyarakat. Agar tidak muncul stigma dan pandangan buruk akan peringatan perayaan May Day (Hari Buruh), tambah Nyumarno.
 

Editor :
Sumber : Redaksi Dakta
- Dilihat 2484 Kali
Berita Terkait

0 Comments