Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/03/2015 16:42 WIB

Komisi B DPRD Bekasi, Usulkan Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi

Wasimin Anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi
Wasimin Anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi
BEKASI_DAKTACOM: Komisi B DPRD Kota Bekasi, mengusulkan pengelolaan sampah di Kota Bekasi di swastanisi, karena dinas kebersihan tidak mampu selesaikan persoalan sampah.
 
Wasimin, anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi dari fraksi partai demokrasi Indonesia perjuangan, yang juga merupakan ketua RW 22 kelurahan Harapanjaya, Bekasi Utara, saat ditemui di gedung DPRD Kota Bekasi mengatakan, pengelolaan sampah di dinas kebersihan hingga saat ini masih sebatas pengangkutan ke TPA Sumurbatu dari sumber sampah, sehingga dengan minimnya kendaraan (Truk pengangkut sampah) terjadi penumpukan sampah diratusan titik sekota Bekasi, yang tidak dapat terangkut.
 
Menurut Wasimin, berdasarkan pengalaman di lapangan sebagai ketua RW, saat pengelolaan sampah diserahkan pihak ke 3, justru lebih baik, meskipun satu kepala keluarga dimintai restribusi sekitar dua belas ribu rupiah, tapi setiap hari sampah dapat teratasi.
 
"Kalau dikelola pemerintah, seperti dinas kebersihan akan dimintai delapan ribu lima ratus, tapi kalau
swasta akan dimintai dua belas ribu. Meskipun sampah yang dikelola swasta lebih mahal, tapi warga lebih suka menggunakan jasanya, karena setiap hari sampah diangkut, dan tidak pernah menumpuk, beda dengan saat dikelola dinas kebersihan," ungkap Wasimin
 
Wasimin juga mendesak agar dinas pendataan Asli Daerah (Dispenda), melakukan kroscek langsung atau penghitungan ulang dan juga uji petik retribusi sampah dengan mengambil contoh di beberapa perumahan dan perkampungan yang ada.
 
Karena menurutnya, ada dugaan retribusi sampah yang dibayarkan warga setiap bulannya, tapi tidak disetorkan secara maksimal.
 
Maka dari itu, diharapkan agar pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini, dapat menyelesaikan permasalahan dengan sigap, agar sampah di lingkungan tidak menumpuk dan menyebabkan sumber penyakit. 
 
 
 
 
Reporter: Bayu Samudera
Editor :
- Dilihat 2208 Kali
Berita Terkait

0 Comments