Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 21/09/2024 12:00 WIB

Cawabup Bekasi Faizal Hafan Farid Berkomitmen Tingkatkan Layanan Kesehatan Jika Terpilih di Pilkada

Kegiatan donor darah DPD PKS dihadiri Cawabup Faizal Hafan Farid
Kegiatan donor darah DPD PKS dihadiri Cawabup Faizal Hafan Farid

TAMBUN SELATAN, DAKTACOM - Calon Wakil Bupati Bekasi, Faizal Hafan Farid, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan layanan kesehatan jika terpilih dalam Pilkada 2024. Pernyataan tersebut disampaikannya usai hadir di acara donor darah yang diadakan oleh DPTD PKS Kabupaten Bekasi pada Sabtu (21/9).

 

Dalam program pencalonannya, Faizal mengidentifikasi sejumlah masalah krusial di sektor kesehatan. Saat ini, dua rumah sakit umum daerah (RSUD) milik Pemkab Bekasi di Cibitung dan Cabagbungin masih berstatus tipe B dan D. Ia berencana untuk meningkatkan status rumah sakit tersebut agar dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat.

 

"Bekasi memiliki lebih dari tiga juta penduduk. RSUD Cibitung berstatus tipe B, sementara RSUD Cabangbungin tipe D. Bersama BN Holik, memiliki program unggulan untuk meningkatkan tipe rumah sakit serta menambah puskesmas, puskesmas pembantu dan puskesmas rawat inap, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke RSUD untuk mendapatkan layanan kesehatan," ujar Faizal.

 

Faizal yang diusung Gerindra, PKS, Nasdem dan PAN ini juga menyampaikan mengenai layanan BPJS Kesehatan. Meskipun cakupan kesehatan universal (UHC) hampir mencapai 100 persen, masih ada 70 persen masyarakat yang membayar iuran secara mandiri. Untuk itu, ia berkomitmen agar pemerintah daerah memberikan bantuan pembayaran iuran BPJS bagi masyarakat miskin dan mengalokasikan Jamkesda bagi warga yang membutuhkan perawatan di rumah sakit tetapi belum terdaftar dalam BPJS.

 

"Yang terpenting adalah membantu masyarakat dari sisi perawatan kesehatan. Kami akan memastikan iuran BPJS untuk masyarakat miskin dibantu dan akan menyediakan Jamkesda jika ada warga yang memerlukan perawatan mendesak," tegasnya.

 

Kegiatan donor darah ini merupakan yang ketiga kali diadakan oleh DPTD PKS setiap tahunnya. Faizal menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, terutama di saat ketersediaan stok darah seringkali menipis.

 

"Kita membutuhkan sekitar 6.000 kantung darah untuk kebutuhan perkotaan. Semoga donor darah ini dapat menambah stok di PMI dan membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. PMI menyebut PKS sebagai satu-satunya partai yang peduli terhadap ketersediaan stok darah," ungkapnya.

 

Ketua pelaksana kegiatan donor daerah DPTD PKS, Sumarsono mengatakan ada 75 peserta yang ikut dalam kegiatan ini yang berasal dari kader, simpatisan dan masyarakat.

 

"Antusiasme yang ingin donor darah sangat tinggi, semoga kegiatan ini bisa membantu ketersediaan stok darah," tutupnya* * *

 

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 120 Kali
Berita Terkait

0 Comments