Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/08/2023 10:00 WIB

FajarPaper Merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan Mengikuti Perlombaan Damkar Kab. Bekasi, CSR, dan Turnamen Olahraga Karyawan

Kegiatan Hari Kemerdekaan FajarPaper
Kegiatan Hari Kemerdekaan FajarPaper

CIKARANG, DAKTACOM - Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, turut merayakan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan mengikuti lomba Pemadam Kebakaran (Damkar), kegiatan pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup, dan melakukan turnamen olahraga untuk karyawan.

 

Kegiatan pertama dalam merayakan Kemerdekaan ke-78 RI, FajarPaper turut serta dalam Skill Competition Lomba Pemadam Kebakaran antar kawasan industri dan perusahaan se-Kabupaten Bekasi yang diinisiasi oleh Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kab. Bekasi pada Selasa (8/8). Kegiatan bertajuk 1st Bekasi Fire Fighter Challenge Skill Competition 2023’ tersebut berlangsung di Lapangan Meikarta, Distrik 2, Cikarang Selatan dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Bekasi, Dr. H. Dani Ramdan.

 

Skill Competition Lomba Pemadam Kebakaran diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan ketangkasan pada petugas pemadam kebakaran dalam penanggulangan insiden kebakaran baik yang beada di kawasan industri maupun di luar kawasan, khususnya di wilayah Kab. Bekasi. Kegiatan ini diikuti oleh 38 peserta dari 27 perusahaan dari dalam maupun luar kawasan industri. FajarPaper mengirimkan tim Damkar yang beranggotakan 5 (lima) orang karyawan.

 

Perjuangan dan kedisiplinan Tim Damkar FajarPaper berlatih selama beberapa minggu membuahkan hasil yang luar biasa. Tim Damkar FajarPaper berhasil meraih posisi sebagai juara 2, dimana tim Fajar bersaing ketat dengan tim Damkar dari berbagai perusahaan di Kawasan Industri Kabupaten Bekasi. Piagam penghargaan dan Piala diserahkan langsung pada pada Sabtu (19/8), oleh Pj Bupati, Dr. H. Dani Ramdan dalam acara Malam Resepsi dan Tasyakuran Hari Jadi Kab. Bekasi ke-73. Pada kesempatan itu juga, FajarPaper mendapatkan Piagam Penghargaan sebagai Perusahaan/Badan Usaha yang Tertib Membayar Retribusi Alat Proteksi Kebakaran 3 (tiga) tahun 2020, 2021, dan 2022.

 

Penghargaan dan apresiasi yang diterima oleh PT Fajar Surya Wisesa Tbk, baik dari kementerian, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah, membuktikan peran serta FajarPaper dalam berbagai kegiatan positif dalam mendukung program pembangunan dan turut berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan.

 

Pj Bupati Bekasi Dr. H. Dani Ramdan mengatakan perlombaan ini sangat strategis dan ide brilian dari Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Bekasi yang menggelar perlombaan pemadaman. Kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar unit-unit pemadam kebakaran baik di perusahan dan relawan. Tugas dari pemadam kebakaran itu memastikan sistem proteksi kebakaran baik di bagunan, gedung, maupun rumah berjalan dan meminimalisir terjadinya kebakaran.

 

“Sehingga jika sistem proteksi sudah berjalan, unit pemadam kebakaran pun sudah siap siaga agar tidak merenggut korban jiwa.” katanya

 

Kegiatan selanjutnya, FajarPaper mewujudkan komitmennya terhadap pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup dengan berkolaborasi bersama Komunitas River Healing Base (REHAB) Cikarang dalam kegiatan giat bersih sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikarang pada Kamis (10/8).

 

Kegiatan giat bersih sungai berfokus pada pengangkatan tumbuhan eceng gondok, sampah plastik, serta ranting yang menumpuk dan telah tersedimentasi. Tumpukan sampah yang tersedimentasi ini selain membuat kotor sungai, membuat air tercemar, serta menimbulkan bau tidak sedap. Kegiatan ini dilakukan oleh tim Corporate Social Responsibility (CSR) dan PUK SP KEP SPSI PT Fajar Surya Wisesa Tbk yang tergabung dalam tim Environment Social Governance (ESG), bersama dengan anggota REHAB.

 

Kegiatan giat bersih sungai ini, selaras dengan semangat Kemerdekaan ke-78 RI untuk memiliki rasa tanggung jawab bersama, terlebih pada lingkungan hidup. FajarPaper mengajak untuk bersama-sama bergerak memelihara lingkungan hidup, dalam hal ini sungai sebagai sumber air yang memiliki fungsi bagi kehidupan dan penghidupan manusia.

 

Industrial Relations and CSR Manager PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (FajarPaper) Kurniawan mengungkapkan program giat bersih ini sebagai wujud komitmen FajarPaper dalam pemeliharaan lingkungan hidup. Sampah-sampah yang terbawa dari hulu sampai ke tempat ini, sudah menumpuk dan tersedimentasi, serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Terlebih di DAS ini terdapat rumah-rumah warga yang hidupnya berdampingan dan memanfaatkan air sungai ini juga.

 

“Harapannya dengan kegiatan giat bersih sungai ini, secara bersama-sama kita dapat membuat dan menjaga sungai bersih, terlebih dalam memperingati Kemerdekaan Indonesia.” jelasnya.

 

Tidak hanya memeriahkan kemerdekaan dengan melakukan kegiatan di luar perusahaan, tahun ini FajarPaper kembali menyelenggarakan turnamen olahraga karyawan. Pembukaan turnamen olahraga dihadiri oleh Presiden Direktur, Thalengsak Ratchburi, serta jajaran manajemen FajarPaper pada Selasa (25/7) dan berlokasi di sarana olahraga FajarPaper, yang telah diresmikan pada Agustus 2022.

 

Pembukaan turnamen olahraga diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya oleh manajemen dan seluruh karyawan yang hadir, dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden Direktur. Kemudian secara simbolis dilakukan permainan pada cabang olahraga tenis meja oleh perwakilan manajemen. Dengan demikian, turnamen olahraga FajarPaper 2023 resmi dibuka, dengan cabang olahraga yang ditandingkan adalah tenis meja (tunggal dan ganda), bulutangkis (tunggal dan ganda), futsal, dan cabang yang baru tahun ini diadakan, yaitu catur.

 

Presiden Direktur PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) Thalengsak Ratchburi dalam sambutannya mengatakan turnamen ini bukan hanya kompetisi untuk memenangkan pertandingan dan mendapatkan hadiahnya. Lebih dari itu, turnamen ini merupakan ajang untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang baik antar karyawan.

 

“Hal ini menjadi penting karena kita banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan bertemu rekan kerja, maka dibutuhkan kerja sama, kolaborasi, serta membina hubungan yang baik pula. Hubungan yang baik dapat menghasilkan kerja sama dan kolaborasi yang baik juga”, ujarnya.

 

Turnamen olahraga FajarPaper diadakan untuk menumbuhkan sikap sportivitas, kerja sama, serta menjalin hubungan antar karyawan. Tujuan tersebut sejalan dengan semangat Kemerdekaan ke-78 RI yaitu kerja harmonis, kolaborasi, serta sinkronisasi gerakan yang merupakan hal penting dalam olahraga, sehingga tim dapat bekerja sama dengan baik menuju satu tujuan. Turnamen olahraga ini berlangsung pada 24 Juli - 23 Agustus 2023***

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 747 Kali
Berita Terkait

0 Comments