Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 10/08/2023 13:10 WIB

Kenali Bahaya Penyakit DBD dan Penanganannya

dr.Reinaldo Alexander SpPD
dr.Reinaldo Alexander SpPD

BEKASI, DAKTA.COM – Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang menular melalui nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Gejala DBD yang umum adalah demam tinggi dan gejala seperti flu. 

 

Sementara itu, pada demam berdarah yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.

 

"Vaksinasi menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit. Secara umum, vaksin dianggap sebagai terobosan mutakhir di dunia kesehatan karena dapat menyelamatkan nyawa manusia," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya dr. Reinaldo Alexander, SpPD  dalam Media Gathering, Kamis (10/8).

 

Menurutnya, melalui vaksin akan membantu mencegah gejala sakit berat dan mengurangi resiko penyakit yang lebih luas.

 

Ia menilai, dengan memberikan edukasi terkait vaksin Dengue kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan terhadap penyakit demam berdarah. 

 

"Dan ini diharapkan juga nantinya akan membantu masyarakat untuk melakukan pencegahan demam berdarah dengan melakukan vaksinasi sebagai pencegahan penyakit," imbuhnya.

 

Menurutnya, tanda-tanda peringatan demam berdarah yang parah dan merupakan keadaan darurat dapat berkembang dengan cepat. Tanda-tanda peringatan biasanya bermula satu atau dua hari pertama setelah demam hilang, termasuk:

 

  • Sakit perut parah.
  • Muntah terus-menerus.
  • Perdarahan dari gusi atau hidung.
  • Darah dalam urin, tinja, atau muntahan.
  • Pendarahan di bawah kulit, yang terlihat seperti memar.
  • Pernapasan yang sulit atau cepat.
  • Kelelahan.
  • Iritabilitas atau kegelisahan.

 

Tercatat, sepanjang tahun 2022 jumlah kasus dengue di Indonesia mencapai 143.266 kasus dengan jumlah kematian mencapai 1.237 kasus. 

 

 

 

Reporter : Warso Sunaryo
Sumber : jaenuddin ishaq
- Dilihat 620 Kali
Berita Terkait

0 Comments