Internasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/01/2023 06:00 WIB

Daftar Negara Dengan Paspor Terlemah di Dunia, Indonesia Termasuk?

PASPOR
PASPOR

LONDON, DAKTA.COM-- Henley Passport Index menetapkan Afghanistan sebagai negara dengan paspor terlemah di dunia pada 2023. Afganistan menempati posisi terbawah di urutan ke-109, dan hanya memiliki 27 destinasi bebas visa bagi pemegang paspor Afganistan.

 

Dilaporkan Al Arabiya, Senin (16/1/2023), Irak dan Suriah berada di belakang, dengan masing-masing 29 dan 30 tujuan bebas visa. Kemudian ada Pakistan dan Yaman, yang juga menduduki peringkat rendah dalam daftar, dengan 32 dan 34 tujuan bebas visa.

 

Afghanistan, Irak, Suriah, Pakistan, dan Yaman mempertahankan posisi mereka sebagai paspor paling lemah di dunia sejak 2020. Henley Passport Index dianggap sebagai alat referensi standar untuk warga dunia dan negara berdaulat saat menilai peringkat paspor dalam spektrum mobilitas global. 

 

Henley Passport Index merilis daftar kekuatan paspor baru setiap kuartal dengan mempertimbangkan data eksklusif dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) tentang akses 199 paspor ke 227 tujuan perjalanan. Pada 2023, Jepang mempertahankan posisinya sebagai paspor terkuat di dunia, disusul Singapura dan Korea Selatan di posisi kedua. 

 

Jerman dan Spanyol berada di posisi ketiga. Sementara Finlandia, Italia, Luksemburg, dan Austria berada di posisi keempat, berdasarkan jumlah tujuan bebas visa yang dapat dikunjungi oleh pemegang paspor mereka.
Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 826 Kali
Berita Terkait

0 Comments