Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 25/11/2022 14:00 WIB

HGN 2022, GTK Madrasah Fokus Dorong dan Apresiasi Guru Berprestasi

WhatsApp Image 2022 11 25 at 16.55.06
WhatsApp Image 2022 11 25 at 16.55.06



Jakarta, DAKTA.COM - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Pendidikan Islam Kemenag RI, Dr Muhammad Zain, M.Ag memberikan arahan kepada para guru dan tenaga kependidikan yang mendapatkan apresiasi pada Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 yakni meminta para Guru dan Tenaga Pendidikan agar terus melakukan berbagai inovasi dan mengukir prestasi dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

Hal tersebut lanjut Zain juga sejalan dengan tema besar HGN Tahun 2022 yakni "Inovasi Mendidik Generasi" menjawab tantangan zaman saat ini yaitu VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) di mana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol yang ditandai dengan era transformasi teknologi revolusi Industri 4.0.  

"Kita hidup di era VUCA yang penuh dengan ketidakpastian dan perubahan yang cepat serta sulit kita prediksi para Guru dan Tenaga Pendidikan harus mampu menjawab dan terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan prestasi utamanya dalam pengajaran dan pendidikan. Itulah fokus kita saat ini," ujar Muhammad Zain dalam rapat Koordinasi GTK Madrasah Berprestasi Grand Final GTK Madrasah Tahun 2022, di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

“Dalam hidup itu, sukses itu bukan tujuan, usaha itu pasti, tapi sukses itu anugerah dari Allah, jadi kita harus terus berikhtiar yang terpenting. Berikhtiar menjadi lebih baik, berinovasi dan terus mengukir prestasi,” tambahnya.

Teekait dengan momentum HGN 2022 ini Muhammad Zain menerangkan bahwa Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada guru madrasah kedalam beberapa kategori guru, ada guru berprestasi, inovasi, inspirasi dan guru berdedikasi.

“Dari 500 orang guru yang mendapatkan apresiasi, itu ada guru yang berprestasi, ada guru yang inovasi, ada guru yang menginspirasi ada yang berdedikasi,” terangnya.

Akan tetapi, lanjut Muhammad Zain, GTK Madrasah selalu mencari ruang agar bisa memberikan apresiasi kepada guru-guru madrasah. untuk itu panitia menambahkan satu kategori lagi yaitu guru favorit.

“Akan tetapi apabila guru itu tidak berprestasi, inovasi, menjadi inpirasi, tidak berdedikasi maka masih ada yaitu guru Favorit, Jadi selalu ada ruang bagaimana caranya guru itu dikasih apresiasi,” Ujar Muhammad Zain.

“Dan sesuai arahan Gus Menteri, anggaran untuk kegiatan ini, kami lebih fokuskan untuk apresiasi para guru agar lebih maslahat,” Pungkasnya.

Seperti diketahui, Anugerah GTK Madrasah Tahun 2022 digelar sebagai apresiasi terhadap guru dan tenaga pendidi yang selalu meningkatkan kompetensi, profesionalisme, kinerja dan prestasi. Dan final Final Anugerah GTK Nasional 2022 akan diselenggarakan di Hotel Swiss-Bell Inn Kemayoran Jakarta pada tanggal 23-25 November 2022.

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 931 Kali
Berita Terkait

0 Comments