Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 08/11/2022 09:00 WIB

Ramai-Ramai Pengguna Twitter Pindah ke Mastodon, Apa Itu?

JAKARTA, DAKTA.COM – Setelah pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, beberapa pengguna telah mencari platform alternatif. Salah satu platform yang banyak menerima pengguna dari Twitter adalah Mastodon.

 

Saat ini, Mastodon memiliki lebih dari 655 ribu pengguna. Lebih dari 230 ribu telah bergabung dalam sepekan terakhir.

 

Pada dasarnya Mastodon tampak seperti Twitter. Pengguna dapat menulis postingan (toots) yang dapat dibalas, disukai, dan diposting ulang. Selain itu, pengguna juga dapat saling mengikuti. Berikut panduan lengkap tentang Mastodon, dikutip BBC, Senin (7/11/2022):

 

Apa yang harus Anda lakukan pertama kali?

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mendaftar adalah memilih server. Ada banyak server, termasuk negara, kota atau minat. Misal, Inggris, sosial, teknologi, game, dan sebagainya. Pemilihan server akan berpengaruh postingan yang Anda minati.

 

Ryan Wild yang menjalankan server MastodonApp.UK melalui perusahaannya Superior Networks, mengatakan dia memiliki lebih dari 6.000 anggota baru dalam 24 jam. Akibatnya, dia harus menghentikan pendaftaran.

 

“Saya berada di server pada pukul 10.00 Jumat malam dan saya bangun keesokan paginya untuk 1.000 orang yang mendaftar,” kata Wild.

 

Bagaimana Anda menemukan pengguna lain?

Server yang Anda pilih menjadi bagian dari nama pengguna Anda. Misalnya, Anda berada di server Inggris sehingga nama pengguna menjadi @namaAnda@mastodonapp.uk. Itu adalah alamat yang bisa dicari oleh pengguna lain.

 

Jika Anda berada di server yang sama, Anda dapat mencari hanya menggunakan nama orang tersebut, tetapi jika mereka berada di server yang berbeda, Anda memerlukan alamat lengkapnya. Anda juga dapat mencari hashtag.

 

Mengapa ada server?

Mastodon bukanlah satu platform. Itu bukan satu benda dan tidak dimiliki oleh satu orang atau perusahaan. Semua server yang berbeda ini terhubung bersama dan membentuk jaringan kolektif, tetapi mereka dimiliki oleh orang dan organisasi yang berbeda.

 

Anda berada di bawah kehendak orang atau organisasi yang menjalankan server Anda. Jika mereka memutuskan untuk mengabaikannya, Anda akan kehilangan akun. Mastodon meminta pemilik server untuk memberikan pemberitahuan tiga bulan kepada penggunanya jika mereka memutuskan untuk menutupnya.

 

Bagaimana Mastodon dimoderasi?

Saat ini semua server memiliki aturan moderasi berbeda. Bahkan, beberapa server tidak memilikinya dan memilih untuk tidak menautkan ke server lain yang penuh dengan bot atau tampaknya memiliki konten kebencian dalam jumlah tinggi. Artinya, mereka tidak akan terlihat oleh server tempat mereka diblokir. Postingan juga dapat dilaporkan ke pemilik server.

 

Apakah ada iklan?

Tidak ada iklan meskipun tidak ada yang menghentikan Anda menulis posting yang mempromosikan perusahaan atau produk Anda. Mastodon juga tidak menawarkan pengalaman yang dikuratori seperti Twitter dalam hal cara Anda melihat postingan.

 

Apakah gratis untuk digunakan?

Tergantung pada server mana Anda berada. Beberapa meminta sumbangan karena mereka tidak dibayar, tetapi sebagian besar gratis.

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 356 Kali
Berita Terkait

0 Comments