Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Senin, 22/08/2022 17:38 WIB

Indonesia Unggulan 2 Piala AFF 2022

timnas indonesia
timnas indonesia

DAKTA.COM -  PSSI menegaskan undian Piala AFF 2022 yang menempatkan Timnas Indonesia di pot kedua, belum resmi dari konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF).

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan belum ada surat resmi dari AFF ke PSSI. Soal pot undian yang beredar, PSSI tak mengetahui dasar dan sumbernya karena yang dijadikan pegangan adalah surat resmi.

"Belum ada pemberitahuan resmi [soal pot undian Piala AFF 2022] dari AFF ke PSSI," kata Yunus kepada CNN Indonesia.com, Senin (22/8) siang melalui pesan tertulis.

Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri menyatakan hal serupa. Hingga hari ini belum ada surat resmi dari AFF yang mengabarkan posisi pot undian Piala AFF 2022 sebagaimana beredar di media sosial.

"Surat resmi ke PSSI belum ada," kata Indra.

Isu mengenai Timnas Indonesia menempati pot kedua undian Piala AFF 2022 sudah beredar sejak bulan lalu. Media Vietnam yang pertama kali menyebutkan hal itu, berdasarkan keterangan salah satu anggota Komite Eksekutif federasi sepak bola Vietnam (VFF).

Isu tersebut semakin diperkuat dalam unggahan salah satu akun media sosial yang fokus tentang sepak bola Asia Tenggara. Disebutkan dalam unggahan pada Senin (22/8) tersebut Timnas Indonesia di pot kedua.

Rinciannya, Thailand dan Vietnam di pot pertama, lantas Indonesia dan Malaysia di pot kedua, kemudian Singapura dan Filipina di pot ketiga, berikutnya Myanmar dan Kamboja di pot keempat, dan Timor Leste bersama Laos di pot kelima. Tidak ada nama Brunei dalam unggahan tersebut.

Biasanya penentuan pot undian Piala AFF dihitung berdasarkan pencapaian dua edisi terakhir. Jika mengacu ini, Timnas Indonesia layak berada di pot kedua karena merupakan finalis edisi 2020 (2021) meski tak lolos grup pada edisi 2018.

Adapun posisi Brunei dan Timor Leste sebagai dua tim terbawah AFF, biasanya melakukan play off. Karena jumlah anggota AFF adalah 11, satu tiket diperebutkan lewat pertandingan play off dengan sistem kandang-tandang.




 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 639 Kali
Berita Terkait

0 Comments