Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/08/2022 08:00 WIB

Jelang Kejuaraan Dunia, PBSI Ungkap Cara Atasi Tekanan Mental Atlet

PBSI
PBSI

DAKTA.COM - Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky punya cara mengatasi tekanan mental pada diri atlet.

 

Komunikasi dua arah menjadi cara utama pengurus federasi dalam meningkatkan motivasi pemain sebelum menjalani turnamen. Hal itu ia contohkan saat berkomunikasi dengan pelatih tunggal putri Herli Djaenudin dan atlet tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

 

"Kalau dari saya, selalu komunikasi dengan Herli dan Grego. Intinya kalau kita membenahi memang dari latihan. Yang kita minta sekarang pemain harus mampu bermain dengan [tekad] tidak mau kalah begitu saja. Itu yang masih kurang dan tinggal difokuskan lagi," kata Rionny.

 

Herli pun menekankan komunikasi dengan pemain menjadi cara membantu menghilangkan tekanan yang membebani anak didiknya.



"Saya sudah berbicara dengan Gregoria. Saya cuma mengingatkan saja kepada dia bagaimana ketika di junior begitu lepas. Itu yang harus dilakukan sekarang."


"Saya cuma bilang nothing to lose aja, main enak, main bagus, nikmatin setiap permainan. Jadi itu yang bisa dia lakukan. Paling banyak ngobrol saja dengan dia," papar Herli.


Saat ini Indonesia menatap Kejuaraan Dunia 2022 yang akan bergulir di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus.


Sektor ganda putra masih menjadi tumpuan Indonesia dalam meraih prestasi. Empat pasangan yang diturunkan adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dianggap paling siap bersaing.


"Persiapan untuk Kejuaraan Dunia 2022 dari setiap sektor, saya lihat sudah maksimal dan cukup matang. Saya berharap apa yang sudah dilatih bisa semua dikeluarkan saat pertandingan," ujar Rionny.


"Untuk target, saya melihat empat ganda putra bisa menjadi andalan. Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra masih ada di top 3. Lalu, Fajar/Rian juga sangat konsisten tahun ini dan Bagas/Fikri bisa juara All England 2022. Dari persiapan sangat serius, mereka terlihat ingin memenangkan persaingan. Ini menjadi positif sehingga saya berharap ganda putra bisa meraih gelar juara dunia," lanjut Rionny.



Selain ganda putra, Rionny juga berharap sektor tunggal putra sebagai tumpuan meraih gelar juara. Penampilan tunggal putra di beberapa turnamen terakhir membuat Rionny yakin mereka mampu menyumbang gelar juara.

 

 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 470 Kali
Berita Terkait

0 Comments