Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 10/08/2022 10:00 WIB

Palang Pintu saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Dapil

Seni Budaya Palang Pintu
Seni Budaya Palang Pintu

DAKTA.COM

Palang Pintu saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Dapil, Syaikhu: Ini Wujud Kebhinnekaan

Ada yang unik saat Anggota MPR RI Ahmad Syaikhu melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Ahad (7/8). Ketika hendak masuk ke ruang acara sempat tertahan sekitar 30 menit lamanya.

Sebabnya ada Palang Pintu dari Perguruan Pencak Silat Pusaka Muda Kabupaten Bekasi. Ini seni budaya khas Suku Betawi. Sering ditampilkan ketika ada acara pernikahan, dan lainnya.

Menurut Syaikhu, pertunjukan seni budaya semacam ini sangat tepat dengan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Karena memperkenalkan keragaman suku dan ada istiadat yang kita miliki.

"Ini sekaligus cerminan Bhinneka Tunggal Ika yang ada dalam 4 Pilar MPR RI," ujar Syaikhu.

Ada sajian berbalas pantun dan pertarungan antara pendekar. Satu pihak menghalangi untuk masuk dan pihak lain membantu saya agar dapat mengatasi rintangan tersebut. Makanya disebut palang pintu. Lokasi atraksinya tepat di depan pintu masuk acara.

Syaikhu menjelaskan, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang luar biasa. Baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari bahasa, suku, agama hingga budaya.

"Kebhinnekaan ini sebuah anugerah dari Allah SWT. Tak banyak bangsa lain yang mempunyai keragaman seperti kita," kata Syaikhu.

Anugerah ini akan menjadi modal besar memajukan Ibu Pertiwi jika kita mampu mengelolanya. Sebaliknya, bisa menjadi bencana jika kita tak pandai meramunya.

"Pada titik inilah pentingnya Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Yakni sebagai cara untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kebhinnekaan yang kita miliki dan bagaimana merawatnya," papar Syaikhu.

Syaikhu sangat menantikan acara seperti ini. Alasannya?

"Bisa menjadi salah satu kontribusi untuk mewujudkan cita-cita Para Pendiri Bangsa saat memerdekakan Indonesia. Insya Allah...," pungkas Syaikhu.

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 232 Kali
Berita Terkait

0 Comments