Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 27/07/2022 15:00 WIB

Olahraga Paling Mudah, Berapa Lama Jalan Kaki yang Sehat?

JALAN KAKI
JALAN KAKI

 

DAKTA.COM - Jalan kaki adalah olahraga paling mudah yang bisa dilakukan seseorang. Kegiatan ini sederhana, gratis, mudah dilakukan, dan tentu saja menyehatkan.

Jalan kaki juga menjadi salah satu sarana paling mudah agar tubuh tetap aktif bergerak, sekaligus menurunkan berat badan secara perlahan. Lalu, berapa lama jalan kaki yang sehat bisa dilakukan setiap hari?

Terkait berapa lama jalan kaki yang sehat, aturannya memang cukup berbeda-beda. Jika merujuk pada Better Health, Anda direkomendasikan untuk berjalan kaki 30 menit sehari. Tetapi, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter terutama, jika memiliki riwayat kesehatan yang buruk.

Sementara itu, melansir NHS, Anda justru tidak memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk berjalan kaki. Untuk jalan cepat, Anda hanya memerlukan waktu 10 menit setiap harinya. Ini sama dengan 150 menit olahraga mingguan yang direkomendasikan.

Berapa banyak waktu jalan kaki yang sehat jika Anda tidak terlalu aktif?

Lakukan kegiatan jalan kaki ini secara bertahap. Jika Anda memulainya terburu-buru, justru bisa menyebabkan cedera. Tingkatkan jarak berjalan Anda secara bertahap.

Anda juga harus membuat kegiatan ini sebagai bentuk rutinitas dan kebiasaan. Supaya jalan kaki tidak terlalu monoton, Anda bisa melakukannya disertai kegiatan lain. Contohnya meliputi:

- Berjalan bagian dari perjalanan untuk bekerja
- Jalan-jalan ke toko-toko
- Menggunakan tangga daripada lift
- Melakukan jalan-jalan biasa dengan seorang teman
- Pergi jalan-jalan dengan keluarga atau teman setelah makan malam
- Jalan kaki sambil mendengarkan musik

Nah, sekarang sudah tahu kan berapa lama waktu jalan kaki yang cocok untuk kondisi tubuh Anda? Yuk mulai jalan kaki agar sehat!


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 445 Kali
Berita Terkait

0 Comments