Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 07/07/2022 09:00 WIB

Fitur Baru WhatsApp, Sembunyikan Status Online hingga Reaksi Chat Baru

WhatsApp
WhatsApp

 

DAKTA.COM - WhatsApp tengah mengembangkan sejumlah fitur baru untuk platformnya, mulai dari fitur sembunyikan status online hingga pembaruan fitur reaksi.

Aplikasi pesan instan populer ini terus mengembangkan platformnya dengan meningkatkan berbagai fitur yang telah ada atau memberikan fitur baru.

Belum lama ini WhatsApp memberikan fitur yang memungkinkan pengguna untuk merespons pesan baik personal maupun pesan grup dengan reaksi, seperti yang sebelumnya ada pada Instagram dan Facebook.

Kini WhatsApp tengah mengembangkan fitur reaksi yang nantinya memungkinkan pengguna memakai reaksi yang lebih beragam ketika merespons pesan. Saat ini fitur reaksi sendiri masih terbatas pada enam jenis.

Seperti dikutip WABetainfo, pembaruan fitur reaksi ini tengah diuji coba terlebih dulu untuk sejumlah pengguna beta. Pengguna beta dapat mencoba fitur reaksi terbaru jika telah menggunakan WhatsApp beta for Android versi 2.22.15.6 dan 2.22.15.7, atau WhatsApp beta for iOS versi 22.14.0.71.


Selain fitur reaksi, anak perusahaan Meta ini juga tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status onlinenya. Dalam sebuah tangkapan layar dari WABetainfo ditunjukkan opsi baru dalam opsi Last Seen & Online.

Opsi terbaru menambahkan pilihan "tak seorangpun" dalam kolom tersebut. Fitur ini disebut-sebut paling dinantikan oleh pengguna lantaran berkaitan dengan privasi.

Dilansir Engadget, WhatsApp sebelumnya telah menambahkan opsi "kontak saya kecuali (My Contact Except)" pada kolom tersebut untuk memberikan kontrol lebih kepada pengguna terkait siapa yang dapat melihat status online mereka.

Dengan demikian, kehadiran opsi terbaru nantinya akan membuat kontrol pengguna terhadap status online mereka menjadi lebih lengkap. Pasalnya, fitur terbaru mencakup opsi yang mampu menghilangkan status online mereka sepenuhnya dari orang lain.

Selain kedua fitur tersebut, WhatsApp juga tengah mengembangkan beberapa fitur lain seperti avatar untuk digunakan saat panggilan video serta pembaruan fitur "hapus untuk semua (Delete for Everyone)".

Mengutip Statista, Whatsapp kini menjadi aplikasi perpesanan terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna sekitar 2 milyar, melampaui WeChat yang memilki 1,2 milyar penguna aktif. Whatsapp juga menjadi media sosial terpopuler ketiga setelah Facebook dan Youtube.

Pada Januari 2022, Whatsapp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Total, ada 40,6 miliar unduhan di App Store maupun Google Playstore.


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 932 Kali
Berita Terkait

0 Comments