Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 05/07/2022 11:00 WIB

Kenali 8 Manfaat Air Zamzam

air zamzam
air zamzam

DAKTA.COM - -- Air zamzam adalah salah satu buah tangan yang banyak jadi incaran jemaah haji untuk dibawa ke tanah air. Apa saja manfaat air zamzam untuk kesehatan?

Air yang diyakini peninggalan zaman nabi dan tidak pernah surut itu dipercaya memiliki banyak khasiat medis hingga kecantikan.

Tak heran banyak jemaah haji yang kemudian membawa air zamzam ke tanah air untuk diberikan kepada sanak saudara atau tetangga sebagai oleh-oleh dari tanah suci Makkah.

Tapi, benarkah air zamzam ini memiliki khasiat kesehatan dan amankah jika digunakan untuk kesehatan?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menyebut sudah banyak referensi dan penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat air zamzam ini.

"Kan, sudah banyak penelitiannya, tidak masalah jika ingin membawa dan menggunakan. Itu, kan, hak semua orang," kata Nadia.

Melansir NCBI, air zamzam adalah air minum yang paling sering digunakan oleh jutaan orang di Arab Saudi.

Air zamzam juga dianggap lebih unggul dari sumber air minum lainnya di semua negara Arab dan Islam. Sumur yang berada di sebelah timur Ka'bah, Makkah, Arab Saudi ini disebut steril, bebas bakteri dan jamur.

Keamanan air zamzam untuk dikonsumsi langsung memang menjadi topik kesehatan yang vital. Sebuah penelitian dengan melibatkan 18 tikus putih albino digunakan untuk melihat seberapa baik air zamzam jika dikonsumsi.

Data hasil penelitian itu menunjukkan bahwa air zamzam bebas patogen sehingga tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri. Konsumsi air zamzam selama tiga bulan berturut-turut pada tikus juga cukup aman untuk kesehatan dan secara signifikan menurunkan asam urat, kolesterol, dan trigliserida.

Air zamzam diyakini mengandung mineral, kalsium, magnesium, dan selenium yang cukup tinggi. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa air Zamzam cukup aman untuk ginjal dan sebanding dengan jenis air minum lainnya.


Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan
 

Berikut beberapa khasiat yang dipercaya dimiliki air zamzam, mengutip berbagai sumber.


1. Mendukung kesehatan mata
Air zamzam memiliki khasiat mirip dengan wortel, yakni baik untuk kesehatan mata. Air zamzam didefinisikan sebagai obat yang dapat memengaruhi penglihatan, direkomendasikan untuk perbaikan mata.


2. Sumber kalsium dan magnesium
Air zamzam mengandung jumlah kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Air zamzam juga merupakan pembunuh kuman alami karena mengandung fluoride yang telah dibuktikan secara ilmiah.


3. Meningkatkan trombosit darah
Minum air zamzam membantu meningkatkan trombosit darah. Dengan demikian, tingkat leukosit dalam tubuh meningkat dan kekebalan eritrosit juga meningkat. Kondisi ini sangat cocok untuk detoksifikasi tubuh.


4. Memperkuat sel
Sebuah penelitian intensif yang dilakukan di Munich menunjukan bahwa air zamzam memiliki efek yang sangat sukses dalam memperkuat sel-sel dalam tubuh manusia.


5. Membantu menurunkan berat badan
Air zamzam dipercaya bisa membantu diet karena diyakini dapat digunakan untuk mengurangi nafsu makan.


6. Meremajakan
Air zamzam bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan karena merupakan air yang murni dan mengandung mineral tinggi. Tak hanya itu, air ini juga memberikan energi positif dan bisa meremajakan manusia.


7. Meredakan sakit kepala
Jika sedang pusing atau sakit kepala, Anda bisa menggunakan air zamzam sebagai pengganti aspirin. Minum air ini untuk sakit kepala adalah pengobatan yang populer dan tradisional di Arab Saudi.


8. Memperkuat tulang
Mineral kalsium yang melimpah di air diserap oleh tulang di tubuh manusia. Inilah alasan mengapa air zamzam dianggap bermanfaat untuk struktur dan kesehatan tulang.


 


 


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 862 Kali
Berita Terkait

0 Comments