Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/10/2015 11:46 WIB

Jatim Dukung Pembangunan Pesantren Lansia

Ilustrasi Kalangan Lansia
Ilustrasi Kalangan Lansia

KEDIRI_DAKTACOM: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mendukung pembangunan pondok pesantren orang lanjut usia (lansia) oleh masyarakat mengingat fasilitas tempat penampungan tersebut masih sangat dibutuhkan.

"Pesantren seperti ini perlu dikembangkan di banyak tempat. Memang masih sedikit yang membuat pesantren lansia, padahal kebutuhan tempat untuk lansia juga semakin besar," katanya saat peresmian pondok pesantren lansia di Kelurahan Tosaren, Kecamatan Kota, Kediri, Senin (12/10).

Ia mengatakan, sebenarnya jumlah fasilitas sosial di Jatim sudah banyak. Namun, jumlah itu belum mencakup untuk membantu menangani tingginya jumlah lansia, yang mencapai 4,7 juta jiwa. Jumlah itu meningkat, seiring dengan semakin sejahteranya masyarakat Indonesia, dimana usia harapan 71-72 tahun, berbeda dengan 10 tahun lalu yang hanya sekitar 65 tahun.

Menurut dia, tidak semua lansia tersebut dalam kondisi mampu. Sekitar 50 persen di antaranya mereka tidak mampu, sehingga membutuhkan uluran tangan. Dengan adanya pondok pesantren lansia, perawatan mereka akan lebih diperhatikan.

Ia juga mengatakan tidak semua lansia akan tinggal di panti asuhan seperti pondok pesantren lansia ini, sebab banyak dari mereka sudah bersama keluarga. Namun, ia menilai adanya pondok ini sangat bermanfaat. Untuk menghilangkan kejenuhan, ia berharap pengelola pondok pesantren membuat beragam aktivitas.

Editor :
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 1926 Kali
Berita Terkait

0 Comments