Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/05/2022 12:00 WIB

Waspada, Penyakit Mulut dan Kuku Ditemukan di Kota Bekasi, 19 Sapi Teridentifikasi Positif

PMK TERNAK 1
PMK TERNAK 1

DAKTA.COM  --  - Pemkot Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi mengumumkan penyakit mulut dan kuku (PMK) ternak teridentifikasi telah masuk di Kota Bekasi.

 

Kepala DKPPP Kota Bekasi Herbert Panjaitan menjelaskan PMK teridentifikasi di dua kelurahan sejak sepekan terakhir.


“Kita sudah melakukan pemantauan di empat hari yang lalu, Selama satu Minggu kemarin ditemukan penyakit PMK di Kota Bekasi di daerah Aren Jaya, Bekasi Timur dan Jatiluhur, Jatiasih. Berdasarkan hasil uji lab dari provinsi yang kita laporkan," ungkap Herbert saat dikonfirmasi, Minggu (29/5/2022).

 

Dengan begitu, Herbert menjelaskan Kota Bekasi menjadi satu dari 20 wilayah kabupaten/kota yang melaporkan adanya PMK di Provinsi Jawa Barat.


"Dua hari yang lalu dilaporkan oleh provinsi dari 27 kota/kabupaten, sudah 20 daerah yang sudah terkena PMK," katanya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Bekasi, Wadi Rima mengatakan ernak yang terkena penyakit PMK, yakni berjenis sapi dengan rincian delapan sapi di Aren Jaya dan 11 sapi di Jatiluhur.


Padahal Wadi menambahkan pihaknya telah mengimbau para peternak untuk tidak memesan sapi dari wilayah yang tak ingin ia sebutkan namanya.

 

"Pertengahan Mei ada dua peternak yang bilang ke saya mau nambah sapi. Saya bilang nanti saja karena lagi ada PMK. Biasanya kan kalau ada sapi datang, kami langsung cek kesehatannya," ujar Wadi.

 

Meski begitu, Wadi menjelaskan dua peternak tersebut tetap nekat memesan sapi. Benar saja, sapi yang mereka pesan ternyata terkena PMK.

 

"Kalau yang di Aren Jaya pas kami cek kesehatannya, enggak ada masalah. Tapi sehari kemudian pemiliknya langsung laporan kalau ternaknya keluar banyak air liur. Kemudian kalau yang di Jatilurhur, pemilik awalnya tak jujur kalau baru pesan ternak baru. Ternyata sama pas dicek positif PMK," katanya.



 


 

 

Sumber : TRIBUNEWS
- Dilihat 911 Kali
Berita Terkait

0 Comments