Internasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 11/05/2022 17:00 WIB

PBB Pilih Ceko Gantikan Keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB

PBB
PBB

JAKARTA, DAKTA.COM --  Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat memilih Republik Ceko sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB menggantikan Rusia yang statusnya ditangguhkan karena invasi ke Ukraina.

Rusia telah memasuki tahun kedua dari total tiga tahun keanggotaan di Dewan HAM PBB yang rutin diganti tersebut. Dengan begitu, Republik Ceko akan menyelesaikan masa jabatan Rusia di dewan tersebut.

Republik Ceko terpilih dengan 157 suara yang mendukung, sementara 23 negara abstain. Keanggotaan Prague di dewan tersebut pun resmi dimulai sejak pemungutan suara itu diputuskan pada Selasa (10/5).

Dewan Hak Asasi Manusia akan menggelar sidang khusus soal situasi di Ukraina pada Kamis (12/5) besok, kata seorang pejabat seperti dikutip Reuters.

Rapat itu digelar setelah Kyiv menyerukan peninjauan kembali situasi di sana, termasuk laporan korban massal di Mariupol.

Dewan HAM PBB beranggotakan 47 negara yang masing-masing memiliki masa jabatan selama 3 tahun.

Meski tidak dapat menerapkan kebijakan dan resolusi yang mengikat secara hukum, keputusan Dewan HAM PBB memiliki nilai tawar dan bobot politik yang signifikan untuk mendorong penyelidikan soal dugaan pelanggaran HAM.

Amerika Serikat memimpin dorongan langka untuk menendang Rusia dari keanggotaan Dewan HAM PBB sebagai konsekuensi dari invasinya ke Ukraina.

Inisiatif itu pun didukung Majelis Umum PBB yang memberikan suara mayoritas menangguhkan keanggotaan Rusia di dewan tersebut.

Tak lama setelah jajak pendapat berlangsung, Rusia mengecam resolusi Majelis Umum PBB dan memutuskan keluar dari Dewan HAM PBB.

Selain Rusia, Libya pernah diskors dari Dewan HAM PBB pada 2011 karena kekerasan terhadap pengunjuk rasa oleh pasukan yang setia kepada pemimpin saat itu, Muammar Gaddafi.


 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 365 Kali
Berita Terkait

0 Comments