Internasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/05/2022 07:00 WIB

PM Inggris Yakin Ukraina Mampu Kalahkan Rusia

KONFLIK UKRAINA 2
KONFLIK UKRAINA 2

LONDON, DAKTA.COM – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, dia yakin Ukraina mampu mengalahkan Rusia dalam pertempuran. Johnson memuji keberanian Kiev dalam menenggelamkan mitos bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak terkalahkan.

 

 

“Saya punya satu pesan untuk Anda hari ini: Ukraina akan menang, Ukraina akan bebas,” kata Johnson saat berbicara kepada anggota parlemen Inggris lewat sambungan video, Selasa (3/5/2022).

 

Dalam memotivasi Ukraina, Johnson menggemakan kata-kata yang diucapkan mantan perdana menteri Inggris Winston Churchill ketika negara tersebut tengah menghadapi ancaman invasi Nazi Jerman pada Perang Dunia II, tepatnya tahun 1940. “Ini adalah saat terbaik Ukraina, yang akan diingat dan diceritakan untuk generasi yang akan datang,” ucapnya menirukan Churchill pada masa silam.

 

Pada kesempatan itu, Johnson turut mengumumkan bantuan militer lebih lanjut ke Ukraina senilai 300 juta poundsterling. Di dalamnya termasuk peralatan perang elektronik dan sistem radar kontra-baterai. “Apa yang disebut kekuatan tak tertahankan dari mesin perang Putin telah merusak objek tak tergoyahkan patriotisme Ukraina dan cinta negara,” katanya.

 

“Kami akan terus memasok Ukraina, bersama teman-teman Anda yang lain, dengan senjata, dana, dan bantuan kemanusiaan, sampai kita mencapai tujuan jangka panjang kita, yaitu untuk membentengi Ukraina sehingga tidak ada yang berani menyerang kalian lagi,” tutur Johnson menambahkan.

 

Konflik Rusia-Ukraina telah berlangsung selama lebih dari dua bulan, terhitung sejak dimulainya serangan, yakni pada 24 Februari lalu. Menurut PBB, lebih dari 3.150 warga sipil di Ukraina telah tewas akibat serangan Rusia. Badan Pengungsi PBB (UNHCR) memperkirakan akan ada sekitar 8,3 juta orang meninggalkan Ukraina tahun ini.

 

Sejauh ini, lebih dari 5 juta warga Ukraina sudah mengungsi ke negara-negara tetangga. Konflik Rusia-Ukraina telah memicu krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak berakhirnya Perang Dunia II.

 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 319 Kali
Berita Terkait

0 Comments