Internasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/04/2022 10:00 WIB

Tangis Haru Warga Istanbul Saat Melihat Jubah Nabi Muhammad

ribuan orang mengantre di depan masjid hikai erif istanbul 220425231741 360
ribuan orang mengantre di depan masjid hikai erif istanbul 220425231741 360

JAKARTA DAKTA.COM -- Ribuan orang mengantre di depan Masjid Hikai Erif, Istanbul, Turki demi menyaksikan jubah Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan di masjid tersebut. Pusaka Nabi Muhammad tersebut dipajang kembali setelah dua tahun.

 

Dilansir dari Daily Sabah pada Senin (25/4/2022), jubah yang dikenakan oleh Nabi SAW itu disimpan dengan hati-hati selama hampir 1.400 tahun. Jubah tersebut disimpan oleh keturunan Uwais al-Qarni, seorang Muslim yang diberi hadiah tersebut oleh Nabi SAW. Dengan begitu menarik banyak orang ke masjid.

 

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya dan Wali Kota Fatih Ergün Turan termasuk di antara pejabat tinggi yang menghadiri upacara pembukaan kembali jubah tersebut. 

 

Kerumunan mendengarkan pembacaan ayat-ayat Alquran dan tidak lama kemudian para pengunjung dipersilahkan masuk. Artefak keagamaan hanya dipajang di depan umum selama bulan suci Ramadhan, yang dianggap sebagai bulan paling suci dalam kalender Islam. Namun, setelah pandemi Covid-19 merebak di Turki, pameran itu dilarang.

 

Di luar, wanita dan pria yang mengantre masuk melalui pintu masuk terpisah menyebabkan kerumunan. Namun, mereka tidak mengeluh karena mereka senang memiliki kesempatan sekali dalam setahun untuk melihat sesuatu yang dimiliki oleh sosok paling suci dalam Islam. Beberapa menangis sementara yang lain membacakan doa.

 

"Saya tidak bisa tidur tadi malam karena saya terlalu bersemangat.  Saya telah menunggu saat ini selama dua tahun. Saya sangat mencintai nabi dan senang berada di sini,” kata seorang pengunjung yang datang ke Masjid Leyla Kahraman. 

 

Jubah itu akan dipamerkan hingga 29 April 2022. Dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 1234 Kali
Berita Terkait

0 Comments