Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/04/2022 12:00 WIB

Penanganan Batu Ginjal Tanpa Operasi Tanpa Sayatan

WhatsApp Image 2022 04 21 at 18.25.44
WhatsApp Image 2022 04 21 at 18.25.44

DAKTA.COM - Radio Dakta Bersama Mitra Keluarga mengadakan talk show melalui zoom yang bertemakan penanganan batu ginjal tanpa operasi tanpa sayatan. Hal tersebut agar masyarakat mengetahui informasi dan tidakan terkait penyakit batu ginjal, (20/04/2022).

Dokter Spesialis Urologi rs mitra keluarga dr. Entjeng Hidayat, Sp.U berkesempatan menyampaikan informasi terkait penanganan penyakit batu ginjal tanpa melakukan tindakan operasi dan sayatan. Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) menjadi teknik pengobatan batu ginjal, dalam hal ini dokter memberikan tembakan kejut untuk memecahkan batu ginjal tanpa sayatan. Adapun cara lain dalam penjegahannya seperti perbanyak minum air mineral paling sedikit dua liter perhari dan berolahraga dengan berlompatan agar batu ginjal akan mudah keluar.

“ terdapat penanganan berupa konservatif pada pasien seperti banyak minum air minimal dua liter sehari, olahraga yang berlompatan agar batu ginjal akan mudah keluar, mengkonsumsi obat-obatan dari dokter,obat anti biotik, anti infeksi, obat melebarkan saluran urine, tidak mengkonsumsi makanan atau suplemenyang tinggi akan kalsium, asam oksalat dan asam urat,” Ujar Entjeng.

Untuk melakukan tindakan pengobatan batu ginjal terdapat lima kriteria yaitu, melihat dari ukuran batu yang terdapat pada saluran ginjal, indikasi sakit ringan, sedang dan berat, adapun dilihat dari derajat dari sumbatan pada aliran urine jika terdapat pembengkakan, adanya infeksi dan melakukan observasi sebulan dengan menggunakan ct scan.

Pentingnya mengetahui dalam penanganan gejala batu ginjal dengan minum air mineral minimal 1,5 – 2 liter sehari dan pasien juga mengetahui gejala awal jika terkena batu ginjal.  


”penanganan pertama jika terdapat gejala batu ginjal yaitu dengan minum 1,5 – 2 liter sehari, dan warga wajib Kenali gejala tanda-tandanya seperti,  perut kembung, mual, muntah , kencing sakit, tersendat jika melakukan buang air kecil, bisa tidak mengeluarkan urine dan urine berwarna keruh atau merah bedarah,”Ujar Entjeng.

Selain itu, Entjeng mengingatkan bahwa penyakit batu ginjal tidak mengenal usia baik tua maupun muda bahwa siapun bisa terkena, pentingnya pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga dan minum air mineral minimal 2 liter per hari menjadi foktor pencegahan terkena batu ginjal

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 671 Kali
Berita Terkait

0 Comments