Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/04/2022 20:00 WIB

Wajah Kalimalang di Kota Bekasi Berubah, Sudah Bisa Jadi Tujuan Wisata

RIDWAN KAMIL 2
RIDWAN KAMIL 2

DAKTA.COM - Penataan kawasan Kalimalang kini telah mengubah rupa dan fungsi kawasan sungai itu. Kawasan Sungai Kalimalang di Kota Bekasi itu sekarang bisa menjadi ruang interaksi sosial dan tujuan wisata warga.

 

"Dulu Kalimalang hanya sekadar dilirik sambil lewat, sekarang bisa dinikmati, khususnya sore sampai malam hari. Ini tempat istirahat atau ngabuburit," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan penataan kawasan Sungai Kalimalang pada Rabu, 20 April 2022.

 

Menurut Ridwan, warga bisa menggunakan sisi utara dan selatan Kalimalang yang sudah ditata sebagai ruang interaksi sosial dan tempat berwisata. Penataan kawasan akan dilanjutkan ke sisi timur.

 

Namun, Ridwan mengatakan penataan Kalimalang akan dilanjutkan setelah pengerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) selesai. "Akan dilanjutkan nanti tahap 2, 3, 4 seiring tol Becakayu beres. Karena kalau dibangun sekarang takutnya nanti terbongkar dan rusak lagi," kata dia.

 

Selain itu, menurut Ridwan, pada akhir 2022 akan dibangun jembatan penghubung sisi utara dan selatan Kalimalang agar warga tidak harus memutar untuk menikmati kedua sisi sungai.

 

 "Akhir tahun akan dibangun jembatan untuk menyambungkan sisi utara dan selatan. Nanti jembatannya akan ikonik seperti jembatan di Paris yang banyak gembok-gembok. Di sini nanti kita cari keunikannya apa," ujarnya.

 

Ridwan mengatakan bahwa Kota Bekasi memiliki banyak titik yang potensial dijadikan sebagai ruang publik yang nyaman dan aman, termasuk Kalimalang.

 

"Kota Bekasi banyak tempat yang belum tersentuh untuk dijadikan ruang publik. Padahal ciri kota bahagia itu warga banyak keluar menikmati ruang publik dengan nyaman dan tanpa rasa takut," kata dia

 

Sumber : TEMPO
- Dilihat 1840 Kali
Berita Terkait

0 Comments