Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/04/2022 11:00 WIB

7 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Selama Berpuasa untuk Jaga Stamina

Olahraga
Olahraga

DAKTA.COM - Olahraga tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun saat ini, dalam suasana bulan suci ramadhan tapi jangan menjadi halangan untuk beratktivitas.

 

Karena dengan aktif berolahraga, selain membuat tubuh menjadi bugar, juga bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

 

Terkait durasi, sebaiknya kita berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari. Agar, kita dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani

 

Saat berolahraga dalam keadaan puasa, harus ada penyesuaian agar tubuh tidak kelelahan dan dehidrasi. Salah satu di antaranya yang mungkin kita hindari dalam melakukan olahraga yaitu hindari olahraga yang bisa menyebabkan kehausan yang sangat tinggi. Sehingga bisa berakibat badan menjadi lemas setelah kita beraktivitas.

 

Salah satu triknya yang bisa kita lakukan berolahraga 1 jam sebelum waktunya berbuka agar tenaga yang kita keluarkan bisa diganti dengan cepat ketika kita berbuka sehingga terhindar dari dehidrasi

 

Ada beberapa jenis olahraga yang tidak terlalu berat yang bisa Anda lakukan saat puasa. Tetapi hasil pembakaran kalorinya tetap dapat maksimal dan membuat Anda bugar.

 

Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadhan, dihimpun Bandung24Jam dari berbagai sumber:

 

1.Bersepeda

Olahraga bersepeda bisa menemani kita ngabuburit menunggu waktu berbuka. Aktivitas bersepeda ini bisa membantu membakar sekitar 300 kalori dalam sejam serta meningkatkan stamina.

 

2.Yoga

Olahraga yang fokus pada peregangan dan teknik pernapasan ini bisa menjaga tubuh tetap fit. Selain itu Yoga juga bisa menguatkan otot dan meningkatkan konsentrasi. Biasanya orang yang melakukan yoga bisa dilakukan di tempat yang sejuk atau diruangan sambil mendengarkan musik yang iramanya disesuaikan agar suasananya bisa menenangkan hati dan pikiran.

 

3. Squat, Push Up, dan Plank

Olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, tujuan olahraga ini Ingin melatih ketahanan dan kekuatan tubuh. Cobalah squat, push up, dan plank selama 30 menit.

Lakukan masing-masing gerakan sebanyak 10 kali dengan 3 repetisi disesuaikan dengan fisik, dengan istirahat selama 30 detik masing - masing gerakan bisa diulangi cara ini setidaknya kurang lebih selama 30 menit.

 

4.Joging

Olahraga ini sangat di ganduringi dari beberapa komunitas lari, saat puasa sambil ngabuburit menunggu berbuka setidaknya bisa melakukan olahraga ini selama 30 menit. Dalam durasi setengah jam itu, kalori yang terbakar sebanyak 210 kalori.

 

5. Jumping Jack dan Burpees

Gerakan ini sangat sederhana dan mampu menaikan kapasitas jantung dan paru-paru. Tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan apa pun, kedua gerakan ini juga bermanfaat untuk melatih otot kaki Anda dan otot lengan.

Lakukan gerakan ini 30 kali dengan 3 repetisi dengan jeda istirahat 1 menit,agar terasa hasilnya.

 

6. Angkat Beban

Jangan berpikiran terlalu jauh, angkat beban tidak berarti Anda harus mengangkat barbell besi yang beratnya 10 kg lebih. Angkat beban bisa menggunakan dumbel kecil ukuran 1-5 kg disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Lakukan berbagai gerakan seperti shoulder press, bicep curl, goblet squat, dan gerakan compound lainnya.

 

7. Pilates

Pilates merupakan jenis olahraga saat puasa yang bisa Anda coba. Pilates baik untuk memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Terlebih, Pilates bukan olahraga berintensitas tinggi sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan berlebih. Satu jam melakukan Pilates, kalori yang terbakar bisa sampai 200 kalori. Arie Lukihardianti

 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 804 Kali
Berita Terkait

0 Comments