Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/04/2022 08:00 WIB

Disebut Berpeluang Menang di Pilpres jika Duet dengan Anies, Ini Kata AHY

AHY
AHY

JAKARTA, DAKTA.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku tengah fokus menjalankan amanah yang diembannya di Partai Demokat.

 

Hal itu, ia sampaikan menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) yang menunjukkan bahwa duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan AHY berpeluang memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 

"Kalau saya ingin tetap fokus pada amamah yang saya emban di Partai Demokrat ini untuk meyakinkan struktur partai kami, bekerja dengan baik dan efektif pada pemilu 2024 nanti," ujar AHY saat ditemui di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/4/2022).

 

"Saya lihat ini (hasil survei) memang akan terus dinamis ya, dan itu merupakan simulasi-simulasi yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Jadi menurut saya ini adalah hal-hal yang wajar dan tentunya saya pribadi melihat ini merupakan bagian dari suara rakyat," imbuhnya.

 

AHY enggan mengomentari lebih jauh peluang kemanangannya dari simulasi pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024 yang banyak dilakukan oleh lembaga survei.

 

Ia lebih memilih untuk fokus untuk membangun koalisi dan berkomunikasi dengan partai politik lain guna memastikan ambang batas presidential threshold (PT) 20 persen yang ditetapkan untuk bisa berkompetisi di pilpres 2024 bisa terpenuhi.
 

"Berbicara terkait dengan pilpres, maka harus terlebih dahulu kita pahami dipenuhinya koalisinya PT 20 persen.
 

Ini tentu mempersyaratkan kami semua partai politik termasuk Partai Demokrat untuk membangun partai koalisi, tahapannya baru sampai di sana," kata AHY, "Karena kalau berandai-andai dengan pasangan A dan B misalnya, sedangkan tiket koalisinya belum mencukupi rasanya juga tidak bisa berbicara lebih jauh lagi terkait hal seperti itu," ujarnya.
 

Adapun duet tersebut berdasarkan simulasi yang dibuat SMRC yaitu tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.
 

 "Hasilnya, pasangan Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara dari survei ini," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam rilis survei yang disiarkan secara daring, Kamis (7/4/2022).
 




 

 

Sumber : KOMPAS
- Dilihat 746 Kali
Berita Terkait

0 Comments