Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/04/2022 11:58 WIB

Banjir Genangi Dua Wilayah di Kabupaten Bekasi

ilustrasi banjir.ist
ilustrasi banjir.ist

CIKARANG, DAKTA.COM – Hujan derasa yang terjadi pada Selasa (5/4) mengakibatkan sejumlah titik di Kabupaten Bekasi tergenang banjr. Bencana banjir menggenangi pemukiman warga sekitar pukul 17.00 WIB. Dua wilayah tingkat desa di Kecamatan Cibitung terdampak peristiwa tersebut, yaitu Kelurahan Wanasari dan Desa Wanajaya. 

 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melaporkan warga terdampak dan dampak material masih dalam proses pendataan," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis, Rabu (6/4).

 

 Kendati demikian, pihaknya mencatat tidak ada laporan korban jiwa atau luka-luka akibat peristiwa tersebut. 

 

Merespons kejadian tersebut, dia mengatakan, petugas BPBD dibantu TNI, Polri, aparat desa dan kecamatan serta Palang Merah Indonesia melakukan pemantauan dan patroli di lapangan. Mereka bersiaga dengan perlengkapan seperti perahu karet untuk mengevakuasi warga terdampak. 

 

Berdasarkan analisis peringatan dini dan prakiraan cuaca pada hari ini dan esok hari (7/4), wilayah Jawa Barat masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang. Pada wilayah Kecamatan Cibitung, dia melanjutkan, hujan masih berpotensi terjadi dengan intensitas ringan hingga hujan petir.

 

"Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap siaga dan waspada terhadap potensi banjir susulan," katanya.

 

BNPB berharap, setiap keluarga dapat melakukan Langkah antisipasi dini dalam menghadapi bahaya banjir, seperti tas siaga bencana, rute evakuasi atau pun memantau prakiraan cuaca dan risiko pada sistem informasi resmi pemerintah.

 

Untuk kesiapsiagaan sebelum kondisi darurat, pihaknya merekomendasikan warga di sepanjang aliran sungai agar bisa evakuasi mandiri jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi panjang.

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1730 Kali
Berita Terkait

0 Comments