Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 23/03/2022 18:00 WIB

Indonesia Peringkat Empat Dunia Capaian Vaksinasi Covid19

VAKSIN COVID 1
VAKSIN COVID 1

DAKTA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut, Indonesia saat ini menduduki peringkat keempat tertinggi dunia terkait capaian vaksinasi Covid-19.


Indonesia kata Budi hanya berada di bawah China, India, dan Amerika dengan capaian total vaksinasi mencapai 367 juta dosis.


"Sekarang Indonesia menduduki peringkat keempat dunia dari jumlah orang yang sudah berhasil memperoleh akses ke vaksin," kata Budi dalam rapat kerja di Komisi IX DPR, Rabu (23/3).


Hingga Selasa (22/3), dia merinci, dari total 367 juta total dosis vaksin yang sudah disuntikkan, 194 juta di antaranya untuk dosis pertama, 155 juta dosis kedua, dan 17 juta dosis ketiga atau booster.


Total jumlah itu kata Budi dilakukan dalam kurun waktu 14 bulan terakhir sejak Januari 2021. Dengan jumlah itu, Budi mengklaim pemerintah telah melakukan vaksinasi kepada warga rata-rata 30 juta dosis setiap bulan.


"Sampai kemarin kita sudah berhasil menyuntikkan 367 juta dosis vaksin dalam waktu sekitar 14 bulan. Jadi kalau kita rata-rata, sebulannya sekitar 30 juta lah kita bisa suntikan," katanya.


Lebih lanjut, Budi juga mengatakan capaian vaksin Indonesia telah memenuhi target badan kesehatan dunia atau WHO pada Desember 2021. Menurut dia, WHO menargetkan capaian vaksinasi diberikan kepada 40 persen penduduk dunia.
 

Kini, pemerintah tengah mengejar target kedua WHO, di mana 70 persen penduduk dunia harus divaksinasi per Juni 2022. Dengan target itu, Budi bilang Indonesia hanya membutuhkan 13 persen lagi untuk memenuhi target tersebut.


"Jadi kita masih mengejar sekitar 13 persen lagi, nominalnya sekitar 34 juta dosis lagi untuk dosis 2 agar kita bisa mengejar angka tersebut," katanya.
(thr/isn)


 


 

 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 547 Kali
Berita Terkait

0 Comments