Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/03/2022 13:00 WIB

Peresmian Kampung Zakat Desa Bersinar Uwemalingku (beriman, bersinergi, dan berkarya)

Peresmian masjid muallaf di Morowali Utara
Peresmian masjid muallaf di Morowali Utara

MOROWALI UTARA, DAKTACOM - Kementrian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat,Wakaf dan LAZNAS Dewan Da’wah meresmikan Kampung Zakat, Desa Bersinar di Dusun Uemalingku Kolo Atas, Kecamatan Mamosalato, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Selasa (22/3).

Acara ini dihadiri juga oleh Bupati Morowali Utara DR. Dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, Ketua Kemenag Morowali Utara Dra. Hj. Marwiah, M. Si, Kapolres Morowali Utara AKBP Ade Nuramdani, Ketua Dewan Da’wah Provinsi Sulawesi Tengah Ust. Irvan Hakim. Dari Dewan Da’wah Pusat dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Da’wah Dr. H. Adian Husaini, M.Si, dan Direktur Distribusi Pendayagunaan Muhammad Idris Yusuf S.Kom.I serta para da’i yang bertugas di wilyah Sulawesi Selatan.

Dusun Uemalingku menjadi salah satu lokasi binaan LAZNAS Dewan Da’wah merupakan satu dusun yang dihuni asli masyarakat pedalaman, mereka muallaf yang beberapa tahun ini terus bertambah memeluk islam. Masyarakat Uemalingku merupakan salah satu suku Tau Taa Wana yang sebelumnya mereka hidup nomaden dengan pemahaman animisme dinamisme. Kini mereka mulai menuju hidup berkampung dan bermasyarakat, jumlah mereka saat ini kurang lebih 98 KK di antaranya 25% muslim, 30% agama lain dan 45% belum beragama.

Beriman, bersinergi dan berkarya adalah kepanjangan dari desa “BERSINAR” tujuan dari harapan terhadap desa yang menjadi binaan LAZNAS Dewan Da’wah.

Momentum akbar ini diawali dengan peresmian Masjid Al Furqon hasil dari Zakat, sedekah,infaq dan wakaf para donatur Laznas Dewan Da’wah. Peresmian masjid ini menjadi simbol slogan “beriman” alhamdulillah diresmikan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Drs. H. Tarmizi Tohor, MA dan ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Dr. H. Adian Husaini, M.Si.

Program Kampung Zakat dengan mengambil tema “Desa Bersinar” ini dalam pelaksanaannya bersinergi dengan berbagai pihak diantaranya dengan Baituzzakah Pertamina (BAZMA) yang mengadakan Khitanan Massal. Ada 50 orang penerima manfaat dari program kesehatan yang dilakukan BAZMA. Untuk kemandirian masyarakat sehingga bisa berkarya, 1000 pohon produktif sudah disiapkan untuk ditanam, secara simbolis penanaman pohon dilakukan oleh ketua Umum Dewan Da’wah beserta tokoh masyarakat lainnya.

Acara ini diakhiri dengan distribusi penyaluran program 1000 ton beras ke pelosok negeri untuk memperbaiki gizi masyarakat di pedalaman dan sambil menikmati hidangan SEMARAK (Sedekah Makan Rakyat).

Dengan rasa bersyukur kami mengucapkan terima kasih sebesar – besar kepada para dontur yang telah menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakafnya melalui Laznas Dewan Da’wah untuk mendukung program – program dakwah, pemberdayaan dan kemandiran ummat di seluruh pelosok negeri. Kunjungi kami di www.laznasdewandakwah.or.id***

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1538 Kali
Berita Terkait

0 Comments