Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 18/03/2022 09:24 WIB

Sakit Gigi Berjuta Rasanya, Ketahui Cara Mengatasinya

Talkshow bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur (18/3/2022)
Talkshow bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur (18/3/2022)

BEKASI, DAKTA.COM - Ketika kita sakit gigi, rasanya sangat menyakitkan dan terasa senut-senut. Hal ini terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan tak jarang membuat kita sulit makan.

Sakit gigi adalah sensasi nyeri yang berasal dari gigi atau jaringan sekitarnya.

Banyak faktor penyebab sakit gigi terasa menyakitkan, mulai dari yang ringan seperti iritasi gusi hingga masalah gigi yang parah.

Makanya, sering kali sakit gigi menjadi alasan seseorang tidak masuk kerja atau sekolah, ataupun mencari pertologan ke dokter gigi bahkan tak jarang sampai masuk UGD karena rasa sakit yang sudah tak tertahankan.

Lalu, mengapa sakit gigi bisa sangat menyakitkan dan apa penyebab sakit gigi?

Dokter Spesialis Konservasi Gigi yang berpraktik di Mitra Keluarga Bekasi Timur, drg. Mega Kusaladewi Gunung Hidayat, Sp.KG dalam talkshow Radio Dakta, Jumat (18/3) mengungkapkan penyebab sakit gigi dapat dikarenakan adanya peradangan pada pulpa gigi.

Pulpa atau saraf gigi termasuk bagian yang paling sensitif di tubuh kita. Ketika pulpa meradang karena teritiasi atau terinfeksi, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang amat sangat parah.

"Maka dari itu, banyak orang menggambarkan sakit gigi sebagai rasa sakit yang paling parah yang mereka alami," katanya.

Lebih lanjut, drg. Mega menambahkan sakit gigi hingga terasa sangat menyakitkan ini tak boleh dibiarkan. Jika ditunda terlalu lama, maka kemungkinan kerusakan pulpa akan meluas ke akar hingga tulang di sekitar ujung akar.

"Itulah yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan terus menerus serta sulit tidur pada malam hari," jelasnya.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan langsung dari dokter atau diberi obat sakit gigi, pada akhirnya pulpa akan mati dan membentuk abses gigi.

Kalau hal ini terjadi, dokter gigi hanya memiliki dua pilihan yaitu dengan melakukan perawatan saluran akar atau pencabutan gigi.

Perlu untuk diketahui, jika memiliki gigi berlubang hal itu tidak dapat diatasi hanya dengan menyikat gigi dengan pasta gigi saja. Menyikat gigi dengan pasta gigi berkalsium hanya bisa membantu menutup micro cavities yang tidak kasat mata.

Sakit gigi berlubang, apabila terjadi lubang yang lebih besar, maka harus dilakukan proses penambalan gigi. Namun sebelum ditambal, harus diperhatikan dulu apakah ada bagian saraf yang terbuka yang dapat mengganggu sistem saraf lainnya atau tidak.

Sakit gigi dapat menyerang hampir semua usia, baik kalangan dewasa hingga anak-anak. Untuk membuat gigi tetap sehat dan bebas rasa sakit penting untuk menjaga kebersihan gigi sehari-hari.

Jika Anda merasakan sakit gigi yang luar biasa dan sangat menyakitkan, maka jangan abaikan hal itu dan langsung pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mitra Keluarga Bekasi Timur juga membuka pelayanan konsultasi kesehatan gigi, untuk rekan Dakta yang ingin berkonsultasi, jadwal praktik Dokter Spesialis Konservasi Gigi drg. Mega Kusaladewi Gunung Hidayat, Sp.KG pada Senin-Kamis pukul 16.00-20.00 WIB. Hari Ahad pukul 10.00-13.00 WIB (pekan ke lima)***

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 787 Kali
Berita Terkait

0 Comments