Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/12/2021 19:00 WIB

Himpunan Alumni IPB Salurkan Bantuan Kemanusiaan Terdampak Erupsi Semeru

Bantuan ARH HA IPB untuk korban erupsi Semeru
Bantuan ARH HA IPB untuk korban erupsi Semeru
LUMAJANG, DAKTACOM – Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB), bekerja sama dengan DPD Himpunan Alumni IPB Jawa Timur dan LSM Gerakan Masyarakat Pedesaan Lumajang (Gemapalu) hari ini, Kamis, (9/12) menyerahkan paket bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk warga terdampak erupsi dan guguran awan panas Gunung Semeru, di tiga desa di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yaitu Desa Penanggal, Sumber  Wuluh, dan Sumber Mujur.
 
Distribusi dan penyerahan bantuan kemanusiaan hasil donasi para alumni IPB University ini dipimpin langsung oleh Koordinator Lapangan ARM-HA IPB di Jawa Timur, Ir. Reswanda AT, bersama Sekjen DPD HA-IPB Jawa Timur, Ir. Anto Darsanto, dan Ir. Arif Budiman. Turut mendampingi tim alumni HA-IPB, Ketua Gemapalu, Andi Median Yasnawi dan Ketua Dewan Pengurus Credit Union Gema Swadaya, Misbach Isnaifah. 
 
ARM HA-IPB dan DPD HA-IPB Jatim, dengan dukungan Gemapalu, memutuskan menyalurkan barang-barang bantuan yang mayoritas non-pangan, mengingat bantuan pangan sudah begitu melimpah di lokasi penampungan. ARM-HA IPB membagikan 120 paket selimut, tikar plastik, dan jas hujan, berikut 1.000 masker medik, 20 terpal, 60 lusin pakaian dalam buat pria, wanita, serta 120 paket bingkisan khusus bagi anak-anak, dengan nilai total paket bantuan sejumlah Rp 20 juta. 
 
“Kami mengucapkan terima kasih, atas bantuan rekan-rekan Alumni IPB,” kata Ketua Satgas Relawan desa Sumber Mujur, Agus. 
 
Dalam operasi tanggap darurat bencana bertajuk “Solidaritas Alumni IPB untuk Bencana Erupsi Semeru” (SABIRU) ini, ARM HA-IPB mendistribusikan bantuan ke tiga desa yang semuanya berlokasi di punggung Gunung Semeru pada ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut.  Desa-desa ini dipilih karena merupakan kawasan yang terdampak paling parah akibat erupsi dan guguran awan panas Gunung Semeru, pada 4 Desember 2021 lalu, terutama tiga dusun di Desa Sumber Mujur. 
 
“Sebenarnya kami juga ingin ke kawasan terdampak parah lainnya di Kecamatan Pronojiwo, tapi jalur ke sana sulit diakses,” kata Reswanda.
 
ARM HA-IPB dan DPD HA-IPB Jawa Timur, masing-masing mulai membuka kampanye penggalangan dana dan aksi kemanusiaan sejak awal pekan ini. Beberapa lembaga di lingkungan IPB dan Himpunan Alumni IPB yang telah memberikan bantuan donasi melalui ARM HA-IPB antara lain Anthoceros (Kelompok 9 Angkatan 20), Alumni Fahutan E-19, Alumni Fahutan E-23, Alumni Fateta TIN-29, serta alumni Senior Gunadi Setiadarma. 
 
“Kami sangat menghargai kedermawanan dan kepercayaan sahabat alumni semua, baik individu maupun lembaga, untuk menyalurkan bantuan ini lewat ARM HA-IPB,” ujar Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si. 
 
Usai distribusi bantuan kemanusiaan tahap pertama ini, ARM HA-IPB melanjutkan misi kemanusiaan di Lumajang dengan merencanakan bantuan tahap kedua. Saat ini, pasca erupsi, tantangan yang dihadapi warga para penyintas adalah menemukan cara melanjutkan kehidupan kembali setelah kehilangan sanak-saudara, rumah, sawah, dan mata pancaharian. Peran IPB University dan alumninya di bidang pertanian secara luas sangat dibutuhkan demi menata kembali kehidupan mereka pasca bencana***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1914 Kali
Berita Terkait

0 Comments