Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 28/11/2021 12:00 WIB

Gelora Kabupaten Bekasi Gelar Aksi Nyata Atasi Perubahan Iklim

Aksi nyata Gelora Kab Bekasi menghadapi climate change
Aksi nyata Gelora Kab Bekasi menghadapi climate change
MUARAGEMBONG, DAKTACOM - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Bekasi menggalakkan penanaman seribu bibit pohon mangrove untuk menghadapi perubahan iklim (climate change). Penanaman pohon mangrove yang dilakukan di wilayah Muaragembong, Ahad (28/11). 
 
Ketua DPD Gelora Kabupaten Bekasi, Nur Cholis menjelaskan penanaman pohon yang dilakukan merupakan gerakan nasional. Partainya mencanangkan menanam 10 juta pohon di seluruh Indonesia guna menghadapi perubahan iklim global.
 
"Partai kami mencanangkan menanam 10 juta pohon di seluruh daerah Indonesia guna menghadapi perubahan iklim global. Untuk di Kabupaten Bekasi penanaman sekitar seribu bibit mengrove," ujarnya. 
 
Diakui Nur Cholis, Kabupaten Bekasi daerah yang memiliki persoalan banjir tahunan. Musim penghujan yang mulai datang, menjadi kekhawatiran masyarakat akan datangnya banjir. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan dengan menanam pohon di sepanjang sungai Citarum, mulai dari hulu sampai hilir.
 
"Kabupaten Bekasi bagian dari daerah Jawa Barat yang merupakan daerah hilir dari aliran sungai besar Citarum. Misi penyelamatan lingkungan dari ancaman banjir dengan menanam mangrove di hilir daerah aliran sungai (DAS) Citarum kami anggap penting dilakukan," ucapnya. 
 
Selain itu, ia menilai Kabupaten Bekasi yang dihuni oleh kawasan industri terbesar asia miliki beban lingkungan yang besar pula. Polusi udara, menipisnya oksigen yang perlu di cegah dengan pohon sejak dini. 
 
"Dengan kita menanam pohon, tidak hanya persoalan antisipasi banjir namun juga kita sebagai masyarakat memberikan kehidupan untuk masyarakat Kabupaten Bekasi, karena pohon sumber oksigen," tuturnya. 
 
Hal senada disampaikan Sekretaris DPD Gelora Kabupaten Bekasi, Nur Kliwon. Kegiatan menanam pohon di Kabupaten Bekasi ini sebagai rangkaian penanaman pohon serentak dan terstruktur Partai Gelora Indonesia di Jawa Barat. 
 
"Program menanam pohon pada hari ini dilakukan dilakukan secara serentak di DAS Citarum Jawa Barat dari hulu hingga hilir. Kabupaten Bekasi merupakan hilir dari sungai Citarum dilakukan tanam mangrove di Muaragembong," jelasnya. 
 
Nur Kliwon mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi untuk turut serta dalam gerakan menanam pohon sebagai bentuk kesadaran terdekat akan bahaya banjir. 
 
"Ayo kita cegah banjir dengan tanam pohon, pohon yang kita tanam melindungi kita, pohon yang kita tanam adalah masa depan kita," tandasnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1608 Kali
Berita Terkait

0 Comments