Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/10/2021 14:00 WIB

Hari Penglihatan Sedunia, Siloam Hospitals Lippo Cikarang Imbau Masyarakat Menjaga Kesehatan Mata

Talkshow live IG Siloam Hospitals Lippo Cikarang
Talkshow live IG Siloam Hospitals Lippo Cikarang
CIKARANG, DAKTACOM - Siloam Hospitals Lippo Cikarang turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada 14 Oktober dengan menggelar bincang sehat bertajuk Menjaga Kesehatan Mata, Rabu (13/10). 
 
Narasumber dalam edukasi bincang sehat yang disiarkan melalui live instagram ini menghadirkan dokter spesialis mata Siloam Hospitals Lippo Cikarang dr. Marjasa Dicky Sp.M. 
 
Marjasa Dicky mengatakan mata merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Semakin dini rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan lebih banyak pula manfaat yang didapatkan. 
 
"Semakin kita peduli pada pentingya kesehatan mata, otomatis faktor penyebab penyakit mata dapat kita lalui," ucapnya. 
 
Ia menjelaskan jika mengacu pada International Agency for Prevention of Blindness (IAPB), menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan upaya pencegahan yakni merubah gaya hidup dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga teratur.  
 
"Untuk melindungi mata, juga diimbau menggunakan kacamata hitam disaat terik matahari ataupun menggunakan kaca pelindung mata disaat bekerja dengan resiko tinggi. Termasuk pemeliharaan mata dengan mengistirahatkan organ mata disaat kondisi lelah," imbuhnya. 
 
Marjasa Dicky menyebut yang tidak kalah penting adalah prioritas, yaitu dengan terjadwal dan secara berkala melakukan  pemeriksaan mata ke dokter ahli mata. Semua pihak juga diminta memperbaiki layanan kesehatan mata sampai pelosok tanah air mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan agar mencegah penyakit mata. 
 
"Meningkatkan akses layanan dan edukasi  kesehatan mata merupakan hal prioritas untuk mengurangi gangguan penglihatan di masyarakat. Angka gangguan penglihatan di Indonesia masih didominasi oleh kelainan refraksi sebagai penyebab terbanyak dan penyakit katarak sebagai penyebab utama kebutaan," pungkasnya***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1271 Kali
Berita Terkait

0 Comments