Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 28/08/2021 17:00 WIB

Suka Hiking? Cobain Deh Serunya Jalur Pendakian Gunung Batu Sukamakmur Bogor!

Puncak pendakian gunung batu Sukamakmur Bogor
Puncak pendakian gunung batu Sukamakmur Bogor
JONGGOL, DAKTACOM - Jalur pendakian gunung batu di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor Jawa Barat terus berbenah. Pendakian yang dulu bisa di lakukan hanya melalui pos 1 saja, kini sudah bisa di nikmati melalui pos 2 dengan kondisi penataan yang terus di rapihkan.
 
Di pos 2, para penikmat olahraga terbuka ini, bisa memarkirkan kendaraannya di area lapangan yang terbuka lebar dan bisa melanjutkan perjalanan hingga puncak gunung batu yang ketinggiannya mencapai 875 meter di atas permukaan laut (mdpl). 
 
Meski terbilang gunung yang tidak terlalu tinggi, untuk mencapai puncaknya, butuh perjuangan dan kegigigihan karena area yang didaki memiliki kemiringan hampir 90 derajat serta jalur yang sempit dan panas.
 
Masyarakat setempat, Cecep Samboja mengatakan penataan di lakukan agar ekonomi masyarakat lokal dapat tumbuh.
 
"Mayoritas masyarakat di sini ikut bekerja, memperbaiki jalur dan wisata gunung batu, supaya ekonomi tumbuh", ucapnya. 
 
Dari pantauan di lokasi beberapa titik di gunung batu memang tampak di perbaiki, seperti di pos 2 yang rencannya akan di buat area kemping bagi yang ingin menikmati suasana jonggol dan bogor dari ketinggian.
 
Menurutnya, tidak ada perusakan lingkungan apalagi penggalian batu-batu yang katanya di jual ke pihak lain.
 
"Yang ada, batu di pakai untuk penbatasan agar tidak longsor dan di gunakan untuk jalan agar tidak licin, jadi gak benar itu jika ada yang bilang perusakan lingkungan, tambahnya", katanya. 
 
Sementara itu beberapa pendaki yang ditemui. Day Firman, mengatakan pendakian di gunung batu punya ciri khas tersendiri, yakni, kecil, tajam dan menukik. Cocok untuk olahraga terbuka dengan jalur yang menguras energi.
 
"Senang, karena bisa tek-tok (naik turun-red) dalam waktu yang singkat dan tidak perlu berkemah", ujarnya.
 
Hal senada juga di sampaikan oleh Lidya, mahasiswi semester VII UIN Jakarta. Ia mengatakan gunung batu cocok untuk pendaki pemula dan tidak perlu memakan waktu yang lama sampai ke puncaknya.
 
"Jalurnya sempit, tapi bikin senang, karena sampai puncak bisa menikmati keindahan alam dan bisa melihat kota Jonggol, Bogor dan sekitarnya", jelasnya. 
 
Jika ada waktu lebih panjang. Usai mendaki, bisa menikmati keindahan alam lainnya, seperti menikmati kopi asal Jonggol yang langsung digiling dan minum dilokasi area pohon pinus.
 
Pengunjung juga menikmati wisata air terjun yang tersebar di beberapa titik dengan hawa yang sangat sejuk***
 

 

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 2050 Kali
Berita Terkait

0 Comments