Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 13/12/2020 09:52 WIB

Anggaran Fantastis Pembangunan WC Sekolah, Bupati Bekasi: Kesehatan Hal Utama

bangunan fisik proyek pembangunan wc di Kabupaten Bekasi seharga Rp1968juta
bangunan fisik proyek pembangunan wc di Kabupaten Bekasi seharga Rp1968juta
TAMBUN SELATAN, DAKTA.COM - Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja angkat suara soal pembangunan WC sekolah sebesar Rp 198,5 juta.
 
Ia menjelaskan komitmen Pemkab Bekasi mewujudkan Kabupaten Bekasi bersih, aman, nyaman dan sehat demi menuju Indonesia Sehat. “Tentu saja ini menjadi komitmen kami bersama untuk mewujudkan kabupaten sehat," ujar Eka pada Ahad (13/12).
 
"Ini penting, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, kesehatan merupakan hal yang utama,” lanjut Eka.
 
Sebelumnya, berdasarkan situs lpse.bekasikab.go.id, sumber dana untuk pembangunan WC berasal dari APBD Kabupaten Bekasi 2020.
 
Dalam situs itu disebutkan, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp 198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah.
 
Di dekat proyek pembangunan itu, terdapat spanduk berisi informasi kegiatan pembangunan yang dilakukan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi.
 
Dalam situs yang sama, Pemkab Bekasi juga melakukan kegiatan serupa di SMP Negeri 4 Cikarang Barat.
 
Nilai anggaran yang dihabiskan untuk membangun sarana penunjang pendidikan di lingkungan sekolah ini tidak jauh berbeda yakni, Rp196,9 juta. 
 
Pemkab Bekasi di 2020 ini membangun sebanyak 488 WC sebagai bentuk progam menuju Kabupaten Sehat 2021.
 
Sementara Kepala Bidang Bangunan Negara Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro, menjelaskan pembangunan 488 toilet itu tersebar di setiap sekolah dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.
 
Dia melanjutkan, total anggaran yang dihabiskan membangun 488 WC ini mencapai Rp98 miliar melalui APBD perubahan 2020.
 
"Ditargetkan, selesai pada pertengahan Desember tahun ini," pungkas Benny.
 
Pembangunan toilet ini dilakukan dengan menerapkan konsep adaptasi kebiasaan baru. Di mana di setiap sekolah nantinya akan dibangun dua ruang toilet, dua unit urinoar, tempat wudu dan tujuh wastafel.
 
Diberitakan, penampakan WC sederhana seharga Rp 196,8 juta yang berdiri di SD Negeri 04 Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan.
 
Proyek pembangunan WC ini terpisah dengan bangunan utama sekolah. Ukurannya memang tidak terlalu besar, diperkirakan hanya seluas 5×5 meter. Bangunan fisik sudah tampak terlihat dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Beberapa pekerja tampak sibuk melakukan penyempurnaan mulai dari atap hingga interior WC.
 
 
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 2360 Kali
Berita Terkait

0 Comments