Nasional / Otomotif /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 21/11/2020 13:42 WIB

Industri Otomotif RI Ditantang Ekspor 1 Juta Mobil, Sanggup?

Ilustrasi industri otomotif 1
Ilustrasi industri otomotif 1
JAKARTA, DAKTA.COM - Indonesia menjadi salah satu negara penghasil mobil terbesar di dunia. Menurut laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Indonesia menempati posisi ke-13 negara pembuat mobil terbanyak di dunia.
 
Mobil-mobil buatan Indonesia tidak hanya dijual di dalam negeri. Tahun 2019 lalu, sekitar 300 ribu unit mobil buatan Indonesia diekspor ke berbagai negara. Mobil buatan Indonesia sudah tersebar ke lebih dari 80 negara.
 
Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengatakan pihaknya ditantang pemerintah untuk bisa mengekspor 1 juta unit mobil ke berbagai negara setidaknya pada 2025. Namun, saat ini pasar mobil Australia belum terjamah mobil buatan Indonesia.
 
"Misalnya Australia, negara besar untuk konsumsi kendaraan. 1,2 juta mobil dijual di Australi tiap tahun, tidak ada satu pun mobil datang dari Indonesia. Padahal di Australia tidak ada pabrik mobil, Jadi 1,2 juta mereka impor CBU dari luar, Indonesia sebagai penghasil mobil terbesar 13 di dunia belum mengekspor 1 pun mobil ke Australia. Oleh sebab iu kami akan datang," kata Nangoi dalam dialog publik "Pelabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional" yang diselenggarakan bersama Kementerian Perhubungan, Jumat (20/11/2020).
 
Nangoi mencontohkan Toyota Fortuner yang laku keras di Australia. Sayangnya, Fortuner yang dijual di Australia bukan buatan Indonesia. Padahal, Fortuner produksi Indonesia sudah dikapalkan ke banyak negara.
 
Keputusan negara mana yang menjadi eksportir mobil ditentukan oleh prinsipal masing-masing merek. Menurut Nangoi, untuk mengejar target ekspor mobil 1 juta unit, pihaknya akan melobi masing-masing prinsipal di negara asalnya agar Indonesia bisa menjadi eksportir kendaraan.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikoto
- Dilihat 3179 Kali
Berita Terkait

0 Comments