Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 18/08/2020 15:15 WIB

Kemerdekaan dalam Genggaman Smartphone

Ilustrasi sejarah (istimewa)
Ilustrasi sejarah (istimewa)

BEKASI, DAKTA.COM - Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri, begitulah kata bapak proklamator kemerdekaan Indonesia, Bung Karno.

Saat ini semakin berkembangnya teknologi dan informasi memungkinkan generasi muda Indonesia untuk melupakan sejarah bangsanya.

Padahal hari kemerdekaan yang setiap tahunnya dirayakan seharusnya menjadi pegangan bagi generasi muda bahwa kita bisa bebas terlepas dari belenggu penjajahan kolonialisme karena sejarah perjuangan dahulu.

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Uhamka, Sulaeman, M.Pd menjelaskan seharusnya dengan perkembangan teknologi saat ini mampu membingkai rangkaian sejarah secara utuh.

"Karena ketika sebuah bangsa meninggalkan sejarahnya percuma adanya pertumbuhan ekonomi dan teknologi. Sejarah akan bermakna dan tersinkronisasi saat kita merawat masa lalu," ucapnya dalam Bincang Pendidikan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Selasa (18/8).

 

Bincang Pendidikan bersama Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Uhamka Sulaeman, M.Pd melalui Zoom

 

Menurutnya, generasi penerus bangsa saat ini harus mampu merawat dan mengimplementasikan kemerdekaan, seperti yang telah dicontohkan oleh pejuang bangsa Indonesia terdahulu.

"Jangan sampai dampak teknologi seperti pemalsuan sejarah hingga pencucian bersih fakta sejarah bisa terjadi akibat arus teknologi yang berkembang saat ini,"  tuturnya.

Di FKIP Uhamka sendiri telah menunjang proses pembelajaran sejarah dengan berbagai fasilitas lengkap di antaranya smart classroom, dimana memungkinkan mahasiswa bisa menyaksikan sumber-sumber peninggalan sejarah secara 3D walaupun tidak bersentuhan langsung dengan peninggalan sejarah yang sudah lama.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) beralamat di Jl Tanah Merdeka No 20 Rambutan Ciracas Jakarta Timur. Informasi penerimaan mahasiswa baru FKIP Uhamka dapat diperoleh melalui pmb.uhamka.ac.id atau 0858 1300 1600. **

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2179 Kali
Berita Terkait

0 Comments