Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/08/2020 15:32 WIB

Mencari Rezeki dengan Menulis Puisi

Ilustrasi menulis puisi (Foto: Indianexpress.com)
Ilustrasi menulis puisi (Foto: Indianexpress.com)
BEKASI, DAKTA.COM - Puisi adalah karya sastra yang biasa digunakan seseorang dalam menyampaikan pesan melalui diksi dan pola tertulis. Puisi digemari banyak orang karena bahasanya yang indah dan menyentuh hati.
 
Menulis puisi mampu mengasah kemampuan linguistik seseorang, dan saat ini menulis puisi bisa menjadi peluang untuk mencari rezeki di masa pandemi Covid-19 ini.
 
Dosen Program Studi Bahasa Indonesia dan Sastra FKIP Uhamka, Syarif Hidayatullah, M.Pd mengatakan saat ini melalui puisi bisa mencari rezeki sebagai pendapatan tambahan di masa pandemi Covid-19.
 
"Mencari rezeki dari puisi bisa dengan mengikuti lomba menulis puisi ataupun dengan mengirimkan puisi yang dibuat ke media massa," katanya dalam Bincang Pendidikan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Kamis (13/8).
 
Bincang Pendidikan bersama Dosen Prodi Bahasa Indonesia dan Sastra FKIP Uhamka, Syarif Hidayatullah melalui Zoom
 
Menurutnya, dengan mengikuti lomba puisi dan menang maka akan mendapatkan hadiah yang cukup lumayan, bisa berupa uang tunai ataupun hanya sekadar hadiah menarik.
 
Ia menjelaskan, tips untuk memenangkan lomba menulis puisi berdasarkan pengalamannya, yakni salah satu faktornya adalah puisi yang diikut lombakan panjang dan menggunakan diksi serta gaya bahasa yang bagus.
 
"Puisi yang panjang akan menghadirkan diksi banyak, jadi berpotensi menghadirkan kata yang membuat pembaca tertarik. Sehingga itu berpotensi untuk memenangkan lomba," katanya.
 
Sedangkan untuk mengirimkan puisi ke media massa, lanjutnya, harus memerhatikan ideologi media tersebut agar dimuat di kolom website maupun majalah atau koran.
 
"Kalau ditolak, berarti bersyukur bisa belajar lagi," ujarnya.
 
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra di FKIP Uhamka sendiri sudah dilengkapi fasilitas yang memadai untuk belajar. Apalagi, para lulusan di prodi itu sudah banyak yang sukses, sehingga mahasiswa yang baru lulus bisa memanfaatkan jaringan alumni untuk mencari kerja.
 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) beralamat di Jl Tanah Merdeka No 20 Rambutan Ciracas Jakarta Timur. Informasi penerimaan mahasiswa baru FKIP Uhamka dapat diperoleh melalui pmb.uhamka.ac.id atau 0858 1300 1600. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2581 Kali
Berita Terkait

0 Comments