Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/06/2020 14:07 WIB

Salah Satu Dosa Paling Besar Anak Adam

Ilustrasi keluarga
Ilustrasi keluarga
DAKTA.COM - Rasulullah SAW memberitakan salah satunya dosa yang masuk paling besar dari anak Adam, adalah durhaka kepada orang tua. Ini secara tegas dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:
 
“Dosa-dosa besar yang paling besar adalah: syirik kepada Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, dan perkataan dusta atau sumpah palsu” (HR. Bukhari-Muslim dari sahabat Anas bin Malik).
 
Dalam hadits Nafi’ bin Al Harits Ats Tsaqafi, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, "Maukah aku kabarkan kepada kalian mengenai dosa-dosa besar yang paling besar? Beliau bertanya ini 3x. Para sahabat mengatakan: tentu wahai Rasulullah. Nabi bersabda: syirik kepada Allah dan durhaka kepada orang tua” (HR. Bukhari – Muslim).
 
Ternyata Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkali-kali memperingatkan kepada para sahabat mengenai besarnya dosa durhaka kepada orang tua.
 
Untuk itulah, sebagai seorang anak harus mengasihi dan berperilaku baik kepada orang tua. Karena merekalah yang telah berjuang membesar anaknya serta memberikan kasih sayang dengan tulus dan ikhlas.
 
Jangan sampai ada perkataan bahkan perbuatan yang muncul dari diri kita sehingga melukai hati orang tua, terlebih ibu. Karena letak keridhoan Allah SWT ada pada diridho kedua orang tua.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 7055 Kali
Berita Terkait

0 Comments