Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/05/2020 15:16 WIB

Pendaftaran Seleksi Masuk Politeknik Negeri Mulai Dibuka

Ilustrasi jian SBMPTN
Ilustrasi jian SBMPTN
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran seleksi untuk masuk ke politeknik negeri melalui jalur seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN) mulai Selasa hingga 25 Juni 2020.
 
"Pembukaan seleksi SBMPN mulai hari ini, kami minta siswa yang ingin masuk politeknik untuk memanfaatkan kesempatan ini," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sarinto melalui telekonferensi video di Jakarta.
 
SBMPN merupakan jalur seleksi bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya politeknik dan politani negeri.
 
Ketua SBMPN 2020 Zainal Arief mengatakan siswa sekolah menengah atas atau sekolah sederajat yang lulus tahun 2018, 2019, dan 2020 bisa mengikuti seleksi bersama masuk politeknik negeri tahun ini.
 
Ia mengatakan bahwa semula seleksi calon mahasiswa politeknik negeri akan dilakukan dengan ujian tertulis, namun karena ada pandemi COVID-19 seleksi dilakukan berdasarkan portofolio peserta.
 
"Kami berusaha semaksimal mungkin agar seleksi tetap berjalan dengan produktivitas dan kualitas sebaik-baiknya," kata Zainal.
 
Informasi lengkap mengenai pendaftaran SBMPN tersedia di laman resmi seleksi bersama masuk politeknik negeri. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara daring atau menghubungi politeknik negeri terdekat yang ikut menyelenggarakan SBMPN.
 
Wikan menjelaskan bahwa kegiatan belajar di politeknik mencakup 40 persen teori dan sekitar 60 persen praktik lapangan. 
 
"Sebagian besar program studi di politeknik negeri sudah berkolaborasi dengan industri. Memang itu yang diinginkan Mas Menteri (Nadiem Makarim) agar politeknik 'menikah' dengan industri," katanya. **
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 2388 Kali
Berita Terkait

0 Comments