Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 31/12/2019 14:15 WIB

Refleksi Pembangunan di Kota Bekasi Tahun 2019

Ikon Kota Bekasi
Ikon Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Melalui informasi media sosial, secara umum masyarakat sudah menyimak berkaitan sejumlah kegiatan penting yang dilakukan perangkat daerah, juga Wakil Wali Kota dan Wali Kota Bekasi. 
 
Demikian pula aspirasi yang disuarakan masyarakat dan pandangan kelembagaan DPRD dalam memberikan pertimbangan kepada Pemerintah Kota Bekasi berkaitan dengan legislasi, penganggaran, dan pengendalian pembangunan Kota Bekasi. 
 
Dalam catatan akhir tahun yang dituliskan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, itu merupakan esensi pemikiran untuk menjadi renungan introspeksi dan motivasi perbaikan sepanjang tahun 2019, serta membangkitkan semangat akselerasi pembangunan Kota Bekasi selanjutnya di tahun 2020. 
 
Berikut refleksi rangkuman pembangunan dan pekembangan di Kota Bekasi sepanjang tahun 2019 di bawah kepemimpinan Pepen dan Mas Tri:
 
Pengamanan Pemilu 2019
 
Salah satu momentum penting pada Tahun 2019 adalah perhelatan Pileg dan Pilpres pada Tanggal 17 April 2019, yang perlu dijamin keamanan dan keberhasilannya oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dalam hal ini Kota Bekasi mampu mengelola situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan prinsip demokrasi dan keberlanjutan kepemimpinan nasional. 
 
Realisasi PAD 2019
 
Salah satu kinerja luar biasa dari perangkat daerah Pemerintah Kota Bekasi adalah pengendalian belanja daerah yang dapat sejalan dengan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sepanjang Tahun 2019, sebagaimana dapat dilihat pada kemampuan pembayaran atas belanja daerah dan realisasi PAD. 
 
Disiplin belanja daerah telah mampu menghindarkan diri dari peritiswa tunda bayar. Harus diakui bahwa realisasi PAD tidak dapat mencapai target tahun ini, tetapi kinerja peningkatan PAD sebesar 25 persen merupakan prestasi luar biasa, dengan membandingkan realisasi PAD pada tahun 2018 sebesar Rp2 triliun dan realisasi PAD pada Tahun 2019 sebesar Rp2,5 triliun.
 
Kunjungan Daerah Lain
 
Berbagai kunjungan kabupaten/kota lain ke Kota Bekasi, sebanyak 71 kunjungan untuk melihat inovasi sistem yang diterapkan, cara yang dikembangkan untuk mengatasi persoalan, dan pemberdayaan kelembagaan partisipasi masyarakat.
 
Kunjungan itu sebagai upaya mencontoh Pemkot Bekasi dalam mengelola urusan wajib dan pilihan, serta mengelola kebutuhan warganya dalam hal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) melalui budidaya hidroponik, pengembangan koperasi dan UMKM, destinasi wisata, dan lain sebagainya. 
 
Apresiasi untuk Pemkot Bekasi
 
Sepanjang Tahun 2019, Kota Bekasi mendapat 28 sertifikat penghargaan, 11 tingkat Provinsi Jawa Barat dan 17 tingkat nasional dari berbagai kementerian, badan, dan lembaga. Sejalan dengan itu, antusiasme rasa memiliki warga Kota Bekasi atas jati diri dan pertumbuhan kotanya semestinya semakin baik. 
 
Sinargi Pemkot Bekasi
 
Demikian pula sinergi dan komitmen yang dijalin melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang meliputi kepala daerah, pimpinan DPRD, kepolisian, kejaksaan, dan teritorial TNI, diharapkan dapat menjadi simpul kekuatan, stabilitas, dan komitmen, yang mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, penjaminan situasi keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat, serta penyelesaian masalah aktual di Kota Bekasi. 
 
Pengaman Kamtibnas 
 
Berdasarkan laporan perkembangan situasi kamtibmas yang dibuat Polres Metropolitan Bekasi Kota, tampak terjadi angka penurunan tindak kejahatan selama Tahun 2019 dibandingkan Tahun 2018. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 2517 Kali
Berita Terkait

0 Comments