Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 03/08/2015 14:57 WIB

Pengungsi Sinabung Dapat Layanan Kesehatan Dari IMS

IMS Menyerahkan batuan kepada pengungsi Sinabung
IMS Menyerahkan batuan kepada pengungsi Sinabung

KABANJAHE_DAKTACOM: Akivitas gunung berapi Sinabung di Sumatera Utara masih sangat tinggi. Setiap harinya gunung tersebut terus mengeluarkan asap dan abu vulkanik.

 
Ribuan pengungsi masih setia di kem pengungsian. Saat ini tercatat jumlah pengungsi berjumlah 11. 156 jiwa terdiri dari balita, anak-anak, orang dewasa dan para lansia. Lokasi pengungsian ini tersebar di 16 titik, mereka berada di Jambur, gereja dan tenda-tenda yang disiapkan oleh BNPD.

Pada Sabtu, 1 Agustus 2015 untuk kesekian kalinya Islamic Medical Service (IMS), lembaga kesehatan nasional nirlaba milik ormas Islam Hidayatullah kembali mengirimkan tim medis.

Tim medis IMS yang terdiri dari tiga dua orang dokter dan satu paramedis. Tim medis IMS diketuai oleh dokter Syaifuddin Hamid & dr.

Layanan yang diberikan IMS meliputi : trauma healing kepada para lansia dan balita melalui pendekatan agama dan psikologi, pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan konsultasi kesehatan.

“Kami tidak hanya melakukan pengobatan semata, namun kami juga berdialog dengan para pengungsi yang berkumpul di posko. Jadi tidak hanya yang sakit saja kami layani, mereka-mereka yang sehat juga banyak bertanya mengenai bagaimana menjaga kesehatan di posko maupun ketika beraktivitas," jelas dokter Syaifuddin Hamid.

Ada tiga lokasi pengungsian dikunjungi oleh IMS. Pertama di Jambur Desa Tongkoh Kecamatan  Simpang Empat Kabupaten Karo. Di lokasi ini tercatat kurang lebih 2.756 jiwa. Kedua di desa Peceren Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, ada 1.526 jiwa yang mengungsi.

Lokasi ketiga yang berada di Gedung KNP Kabanjahe dengan jumlah pengungsi 1.576 jiwa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh tim IMS, bahwasanya para pengungsi tidak mengalami kekurangan akan kebutuhan pangan.

"Makan tiga kali sehari meskipun dengan seadanya mereka selalu dapatkan. Namun untuk kebutuhan yang lain mereka masih sangat butuhkan. Selain kesehatan kebutuhan sandang juga sangat mereka perlukan," kata dokter Syaifuddin.

Bagi pembaca yang ingin turut serta membantu kesehatan pengungsi gunung Sinabung, dapat mendonasikan bantuan melalui rek BCA : 496 019 2911atau Bank Mandiri : 006 000 7373 305 atas nama Layanan Kesehatan Islam.*

Editor :
Sumber : Ibu Syafaat
- Dilihat 1649 Kali
Berita Terkait

0 Comments