Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/06/2015 11:07 WIB

Sidang Isbat Akan Digelar Hari Ini

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin

JAKARTA_DAKTACOM:  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Kementerian Agama akan menggelar sidang penetapan awal puasa pada Selasa (15/6) sore dengan mengundang sejumlah ulama, perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam dan ahli ilmu falak/astronomi.

“Hari ini sidang isbat akan dilangsungkan, yang dihadiri para  ulama, pimpinan ormas dan pakar astronomi. Sidang isbat dilakukan untuk melihat perhitungan hisab dari masing-masing kita,” kata Menag di Jakarta.

Isbat, kata dia, akan dimulai setelah waktu shalat Ashar dan istirahat sejenak bagi peserta untuk menunaikan shalat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan hasil melihat bulan/rukyat dari para petugas yang didelegasikan mengamati munculnya bulan baru.

“Kalau ada yang melihat hilal maka besoknya (Rabu, 17/6) kita masuk bulan Ramadhan. Tapi kalau besok sore (Selasa, 16/6) mereka tidak melihat hilal maka syaban digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Ramadhan baru lusa (Kamis, 18/6),” kata dia.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Machasin mengatakan Kementerian Agama sudah melakukan penyebaran undangan kepada semua pihak terkait penetapan awal puasa, seperti ormas Islam dan ahli astronomi.

Kemenag lewat badan rukyah dan hisab akan melakukan rukyat untuk melihat hilal. “Sidangnya tertutup. Hasilnya disampaikan secara terbuka,” kata Machasin.

Reporter :
Editor :
- Dilihat 2023 Kali
Berita Terkait

0 Comments