Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/01/2018 08:45 WIB

Pemprov Jabar Segera Lengkapi Infrastruktur Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh
BANDUNG_DAKTACOM: Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersyukur Unesco telah mengakui Geopark Ciletuh sebagai Unesco Global Geopark. Selanjutnya, pemerintah harus fokus pada pembenahan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat agar Geopark tersebut benar-benar bisa terasa manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan masyarakat luas.
 
"14 rekomendasi geopark dari Unesco ini sebuah momentum yang perlu disyukuri karena tidak semudah itu dapat pengakuan dari Unesco sementara kita paling bersama-sama optimal, fokus pada kebutuhan lainnya seperti pariwsata," ujar Deddy Mizwar selaku Wagub di Gedung Sate, Selasa (16/1).
 
Menurut dia, geopark selain edukasi, konservasi, keterlibatan ekonomi harus terasa oleh masyarakat. Selain itu keberpihakan infrastruktur untuk geopark. 
 
"Kebutuhan bandara saya kira ini urgen karena belum ada tol kesana, adapun tol pada 2019 nanti hanya untuk menuju Kota Sukabumi, sementara ke Kabupaten Sukabumi perlu ada bandara," ujar dia.
 
Menurut dia, dengan adanya bandara di wilayah geopark akan mempersingkat waktu perjalanan, terlebih ada BIJB yang nanti waktu tempuhnya cukup memakan waktu 1 jam saja.
 
Tapi, terkait lokasi bandara ini ada dua pilihan antara di Cikembar atau Citarate.
 
"Selain bangun bandara, daerah sekitar pun nantinya akan dikembangkan jadi ada daerah pengembangan baru," ucap dia.
 
Untuk nilai investasi, kata dia, belum muncul. Namun sudah ada beberapa calon investor yang tertarik untuk membangun bandara di Cikembar atau Citarate.‎ 
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 12964 Kali
Berita Terkait

0 Comments