Internasional / Asia /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/05/2015 09:51 WIB

Terus Ditekan, Myanmar Janji Pulangkan Pengungsi Rohingya

Presiden thein sein
Presiden thein sein


NYAPYITAW-DAKTACOM: Juru Bicara Presiden Myanmar berjanji akan melindungi anggota minoritas Muslim Rohingya di negaranya yang beberapa waktu lalu mempertaruhkan nyawa dan melarikan diri guna menghindari penindasan.
 
Seperti dilansir VOA, Kamis (21/5), Presiden Thein Sein berkomitmen untuk memverifikasi kewarganegaraan mereka yang membutuhkan bantuan, serta melindungi dan membantu warga Myanmar. Dia menambahkan, pemerintah akan memberikan bantuan dan mengatur pemulangan para pengungsi Rohingya.
 
Pernyataan itu keluar menyusul pertemuan antara presiden dan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken di Ibukota Nyapyitaw. Diplomat senior AS telah meminta para pejabat Myanmar untuk memperbaiki kondisi di negara bagian Rakhine, tempat tinggal etnis Rohingya, sehingga masyarakat di sana tidak merasa terancam.
 
Selain itu, para pejabat kementerian luar negeri Myanmar juga melakukan pertemuan dengan Menteri Luarnegi Malaysia dan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk membahas krisis Muslim Rohingya. Pertemuan tersebut menghasilkan serangkaian rencana pertemuan regional yang lebih luas dan akan digelar pekan depan.
 

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 2361 Kali
Berita Terkait

0 Comments