Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/12/2017 11:53 WIB

Curah Hujan Tinggi, BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan TRC-PB

banjir di jababeka
banjir di jababeka
CIKARANG_DAKTACOM: Tingginya curah hujan beberapa kali memicu banjir di sejumlah lokasi di Kabupaten Bekasi. Untuk mengantisipasi kejadian serupa dan ancaman lainnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiagakan tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB).
 
Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan Tim Reaksi Cepat itu merupakan kumpulan relawan yang akan membantu dalam untuk menyikapi tingginya intensitas hujan dan angin kencang akhir-akhir ini
 
"Tim itu akan ditempatkan di 13 titik lokasi kecamatan yang rawan banjir, tim ini nantinya akan mengkoordinasikan upaya penanganan apabila suatu wilayah tergenang banjir," ujarnya pada Selasa (19/12).
 
Para petugas dalam tim reaksi cepat didukung peralatan yang akan memudahkan kerja mereka. Perangkat itu juga ditempatkan di lokasi terdekat, bahkan di kendaraan khusus yang dapat bergerak cepat.
 
Ia mengakui, banjir yang terjadi bukan hanya diakibatkan karena musim hujan saja, namun luapan sungai juga mendorong terjadinya banjir.
 
Aspuri menambahkan, Tim yang dilibatkan ini akan berkoordinasi dengan berbagai instansi dan organisasi kemanusiaan lain. Kerja sama ini diharapkan dapat menghadapi kondisi darurat yang terjadi. 
 
Jika mendapat laporan dari Camat atau kepala desa, maka tim tersebut akan langsung datang ke lokasi dan melakukan penanganan bencana.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1847 Kali
Berita Terkait

0 Comments