Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/05/2015 09:31 WIB

Mahasiswa UNJ Gelar Aksi Peduli Rohingya Di Depan Istana Negara

Aksi Mahasiswa UNJ di Depan Istana Negara Jakarta
Aksi Mahasiswa UNJ di Depan Istana Negara Jakarta

JAKARTA_DAKTACOM: Mahasiswa UNJ pada Senin (18/5/15)menggelar Aksi Peduli Rohingya di depan Istana Negara menganggapi kondisi pelanggaran HAM berat militer Myanmar terhadap etnis Rohingya dan penolakan negara-negara tetangga untuk membantu pengungsi Rohingya.

600 lebih pengungsi Rohingya yang Hijrah dari negara asalnya kini ditampung dan dibantu masyarakat pesisir Aceh setelah beberapa waktu terapung-apung di laut karena penolakan beberapa negara tetangga. Mereka keluar dari negaranya  karena tindakan brutal Militer Myanmar yang senantiasa memburu dan mengusir mereka.

Menanggapi hal ini, mashasiswa UNJ merespon cepat dan menyatakan sikapnya pada aksi senin malam (18/5) di depan Istana Negara bertepatan dengan keberadaan Presiden Jokowi yang saat itu sedang berada di Istana Negara Jakarta.

Zarqony Alwy Ahmad yang akrab disapa Alwy selaku ketua LDK UNJ periode 2015 menyampaikan sikapnya pada orasi yang ia sampaikan (18/5). Diantaranya adalah pertama, Mahasiswa UNJ mendesak pemerintah Indonesia agar memberi perlidungan (advokasi) kepada masyarakat Rohingya,kedua Mahasiswa UNJ menuntut presiden Jokowi untuk melakukan mediasi kepada pemerintah Myanmar terhadap masalah HAM yang menimpa masyarakat muslim Rohingya dan terakhir mahasiswa UNJ mengajak masyarakat muslim Indonesia untuk peduli dan membantu masyarakat Rohingya

Tindak lanjut aksi ini adalah berupa aksi lanjutan yang lebih massif ke Kementrian Luar Negeri RI dan Kedubes Myanmar guna mendesak kedua institusi tersebut terlibat aktif secara diplomasi menuntaskan kasus pelanggaran  HAM berat kepada masyarakat Rohingya.

Reporter :
Editor : Syifa Faradila
Sumber : Rilis UNJ
- Dilihat 2318 Kali
Berita Terkait

0 Comments